Terhubung dengan kami

Batam

Mangrove Pelindung Umat Manusia

Diterbitkan

pada

WAJAHBATAM.ID – 5/7/2019 | Penimbunan Marka anak sungai pahat Bulang Lintang Kecamatan Pulau Buluh mendapat tanggapan dari Ketua KPLHI Kota Batam Azhari Hamid dan mengingatkan bahayanya tindakan yang dilakukan oleh anak-anak Perusahaan PT. ITS yang telah melakukan penimbunan Marka anak sungai di Bulang Lintang Pulau Buluh. Tulisan ini merupakan edukasional atas bahayanya jika hutan mangrove musnah oleh tangan jahil manusia

Oleh: Azhari Hamid (Ketua KPLHI Batam)

Mencermati dugaan terjadinya reklamasi yang diduga dilakukan oleh PT. ITS atau anak perusahaannya terhadap habitat mangrove di areal Pulau Buluh tepatnya yang berdampak signifikan di sungai Pahat, Kota Batam KPLHI Kepri dan Kota Batam sangat menyayangkan hal tersebut. Karena ini menyangkut penjarahan hak hidup makhluk hidup dalam lingkungannya.

PT. ITS Diduga Lakukan Reklamasi Ilegal Yang Mengancam Mata Pencarian Masyarakat Kecamatan Bulang Lintang

Mangrove merupakan ekosistem yang spesifik karena pada umumnya hanya dijumpai pada pantai yang berombak relatif kecil atau bahkan terlindung dari ombak, di sepanjang delta dan estuarin yang dipengaruhi oleh masukan air dan lumpur dari daratan. Secara ringkas dapat didefinisikan bahwa hutan mangrove adalah tipe hutan yang tumbuh di daerah pasang surut (terutama pada pantai yang terlindung, laguna, muara sungai) yang tergenang saat pasang dan bebas genangan pada saat surut yang komunitas tumbuhannya bertoleransi terhadap garam.

Sedangkan ekosistem mangrove merupakan suatu sistem yang terdiri atas organisme (hewan dan tumbuhan) yang berinteraksi dengan faktor lingkungannya di dalam suatu habitat mangrove. Secara umum hutan mangrove memiliki karakteristik sebagai berikut :

1. Tidak dipengaruhi oleh iklim, tetapi dipengaruhi oleh pasang surut air laut (tergenang air laut pada saat pasang dan bebas genangan air laut pada saat surut).

2. Tumbuh membentuk jalur sepanjang garis pantai atau sungai dengan substrat anaerob berupa lempung (firm clay soil), gambut (peat), berpasir (sandy soil) dan tanah koral.

3. Struktur tajuk tegakan hanya memiliki satu lapisan tajuk (berstratum tunggal). Komposisi jenis dapat homogen (hanya satu jenis) atau heterogen (lebih dari satu jenis). Jenis-jenis kayu yang terdapat pada areal yang masih berhutan dapat berbeda antara satu tempat dengan lainnya, tergantung pada kondisi tanahnya, intensitas genangan pasang surut air laut dan tingkat salinitas.

4. Penyebaran jenis membentuk zonasi. Zona paling luar berhadapan langsung dengan laut pada umumnya ditumbuhi oleh jenis-jenis Avicennia sp. dan Sonneratia sp. (tumbuh pada lumpur yang dalam, kaya bahan organik). Zona pertengahan antara laut dan daratan pada umumnya didominasi oleh jenis-jenis Rhizophora sp. Sedangkan zona terluar dekat dengan daratan pada umumnya didominasi oleh jenis-jenis Brugiera sp.

Fungsi mangrove secara umum dapat diuraikan sebagai berikut :
1. Fungsi Fisik
– Menjaga garis pantai dan tebing sungai dari erosi/abrasi agar tetap stabil;
– Mempercepat perluasan lahan;
– Mengendalikan intrusi air laut;
– Melindungi daerah di belakang mangrove dari hempasan gelombang dan angin kencang;
– Menguraikan/ mengolah limbah organik.

2. Fungsi Biologis/ Ekologis
– Tempat mencari makan (feeding ground), tempat memijah (spawning ground) dan tempat berkembang biak (nursery ground) berbagai jenis ikan, udang, kerang dan biota laut lainnya;
– Tempat bersarang berbagai satwa liar, terutama burung;
– Sumber plasma nutfah.

3. Fungsi Ekonomis
– Hasil hutan berupa kayu;
– Hasil hutan bukan kayu, seperti madu, bahan obat-obatan, minuman, makanan, tanin;
– Lahan untuk kegiatan produksi pangan dan tujuan lain.

https://www.wajahbatam.id/batam/wb-01072019/belasan-tokoh-dan-rt-rw-bulang-lintang-minta-berita-tentang-pt-itr-dihapus/

Dari uraian diatas kiranya kita perlu memahami dengan bijaksana bahwa begitu besar kasih sayang Allah SWT dengan memberikan mangrove pada lokasi pantai – pantai kita dengan segala manfaat dan fungsi proteksi terhadap bencana yang mungkin timbul dari laut ataupun darat.

Sangat tidak berperikemanusiaan jika mangrove dijadikan komoditas oleh pihak – pihak tertentu dalam skala besar tanpa adanya studi kelayakan dan perizinan lainnya. Aparat pemerintah jikalau memberikan izin pemanfaatn mangrove untuk kegiatan lain, sebaiknya mempelajari benar dampak negatif dan posutif nya. Tidak hanya sebatas meminta hutan pengganti yang selama ini kami ketahui jika ada industri yang akan menimbun area mangrove yang masuk dalam areal kegiatannya.

Dunia sudah menilai mangrove sebagai salah satu bagian dari konservasi terhadap lingkungan dalam proteksi terhadap berbagai bencana terutama Tsunami. Mungkin kita berbendapat bahwa wilayah Kepri tidak ada potensi tsunami, tetapi kita perlu juga memikirkan bahwa wilayah Kepri adalah areal terbuka dalam lintasan transportasi laut, disini mangrove akan berfungsi dalam penyerapan bahan – bahan beracun yang dibuang atau terlepas kelaut. Mari kita bela dan kita jaga MANGROVE kita, karena MANGROVE pasti akan menjaga kita dari bencana.

*) Ketua KPLHI Kota Batam

29,440 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

Facebook Comments

Iklan

Klik untuk komentar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Batam

Terjawab, Jadi Rajaguguk Resmi Pimpin Partai Perindo Kepri

Diterbitkan

pada

Oleh

WAJAHBATAM.ID – Batam | Ucapan selamat kepada Jadi Rajaguguk sebagai Ketua DPW PERINDO Kepri yang baru disampaikan oleh Edison dan Rahmat Wahid beserta dua Pengurus lainya H . Zamhur, SH dan Reza, bersamaan dengan hal itu maka berakhirlah kisruh yang terjadi ditubuh partai berlambang Garuda Biru itu.

Ucapan tersebut disampaikan pada hari ini, Jum’at (14/8) secara langsung kepada Jadi Rajaguguk di Kantor Kadin Kota Batam. Pada hari ini juga Ketua DPW Perindo Kepri yang baru ditetapkan secara resmi dan sah serta berkekuatan hukum dengan (SK Nomor : 1707) yang diamanahkan DPP Partai kepada Jadi Rajaguguk sebagai Pimpinan Partai yang baru.

Pengurus Partai Perindo Kepri Ramai-ramai Meletakkan Jabatan

Mantan Sekwil DPW Perindo Kepri, Rahmat Wahid menitipkan pesan agar pengurus yang baru agar dapat lebih mengembangkan kemajuan partai yang sudah dua priode dipimpin para pengurus yang mundur. “Saya sudah mendampingi dua orang Ketua sebagai Sekwil DPW Kepri (Andi Kusuma. Sh. M.kn dan DR .Edison Tatulus SAB. MAP. M.Min), dan dalam perjuangan tersebut Kepri hanya Mampu melahirkan 2 Kursi DPRD KABUPATEN / KOTA  (1 Kabupaten Natuna dan 1 Kabkep Anambas).

Hal senada juga disampaikan DR. Edison Tatulus melalui WhatsAppnya, “Semoga kepengurusan baru ini bisa membawa Perindo Kepri Lebih Baik di Percaturan Politik kedepan“, ujar mantan Ketua DPW Perindo Kepri yang baru mengundurkan diri ini kepada WB.

**shd

5,392 kali dilihat, 2,286 kali dilihat hari ini

Facebook Comments

Lanjutkan Membaca

Batam

BP Batam Serahkan Bantuan Sembako di Kecamatan Batam Kota

Diterbitkan

pada

Oleh

Siaran Pers

WB-BP160 | Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi, didampingi Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam, Wahjoe Triwidijo Koentjoro, menyerahkan bantuan paket sembako secara simbolis untuk masyarakat Kota Batam yang terdampak Covid-19 di wilayah Kecamatan Batam Kota, pada Jumat, 14 Agustus 2020.

Sebanyak 41.023 paket didistribusikan kepada 6 kelurahan di wilayah Kecamatan Batam Kota, yaitu Kelurahan Teluk Tering, Kelurahan Taman Baloi, Kelurahan Sukajadi, Kelurahan Belian, Kelurahan Sungai Panas dan Kelurahan Baloi Permai.

Paket Sembako tersebut berisikan beras 10 kg, mi instan 10 bungkus, minyak goreng 2 liter, krimer kental manis 2 kaleng, ikan dalam kaleng 425 gram, teh celup, sirup, dan biskuit.

Kecamatan Batam Kota merupakan lokasi ke- 11 dalam pendisitribusian bantuan sembako, dan masih akan ada pendsitribusian di 1 Kecamatan, yaitu Kecamatan Batu Aji.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengatakan, bantuan dari BP Batam ini merupakan bentuk kepedulian Badan Pengusahaan Batam kepada masyarakat yang terimbas pandemi Covid-19.

“Tahap pertama dan kedua, pembagiannya dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Batam. Tahap ketiga oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, dan kali ini BP Batam hadir di tengah-tengah masyarakat, tidak lain untuk menjalin kebersamaan, serta peduli terhadap kondisi yang dihadapi masyarakat Kota Batm,” ujar Muhammad Rudi.

Harment, salah seorang perwakilan tokoh masyarakat di Perumahan Villa Pesona Asri, Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota, menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan paket sembako yang telah diberikan BP Batam untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 di lingkungan Kecamatan Batam Kota.

“Terima kasih banyak atas bantuan paket sembako yang diberikan oleh Badan Pengusahaan Batam, dan semoga tidak hanya untuk kali ini saja. Kami juga mohon BP Batam dapat membantu pengembangan pendidikan, yaitu meminta kepada BP Batam agar dapat menyediakan lahan untuk dijadikan sekolah, terutama untuk SMP dan SMA,” kata Harment.

Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam, Wahjoe Triwidijo Koentjoro turut menyampaikan harapannya dalam pembagian paket sembako untuk masyarkat yang terdampak Covid-19.

“BP Batam turut merasa prihatin terhadap saudara-saudara kita, maka BP Batam ikut hadir di tengah masyarakat untuk membantu meringankan beban. Semoga dapat bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang terdampak Covid-19. Adapun yang menjadi permintaan warga akan kami sampaikan, terkait permasalahan sekolah ini akan menjadi konsentrasi utama,” ujar Wahjoe Triwidijo Kontjoro.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi mengimbau dalam proses pendistribusian sembako agar tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, selalu menggunakan masker, menjaga jarak fisik serta menjaga kebersihan diri dan lingkungannya.

Turut hadir dalam kegiatan, Camat Batam Kota, Aditya Guntur NS, Muspika Kecamatan Batam Kota, para Lurah se-Kecamatan Batam Kota, Kepala Polsek Batam Kota, AKP Restia Octane Guchy, Pejabat tingkat 2 di lingkungan BP Batam, serta tokoh masyarakat di lingkungan Kecamatan Batam Kota. (cc)

Batam, 14 Agustus 2020

Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam
Dendi Gustinandar

Email: [email protected]
Twitter: @bp_batam
Facebook: BIFZA
Instagram: BPBatam
Website: www.bpbatam.go.id
Youtube: BPBatam

2,718 kali dilihat, 860 kali dilihat hari ini

Facebook Comments

Lanjutkan Membaca

Batam

BP Batam Serahkan 24.557 Bantuan Sembako di Kecamatan Sei Beduk

Diterbitkan

pada

Oleh

 

WB-BP159 | Badan Pengusahaan (BP) Batam menyerahkan bantuan paket sembako kepada masyarakat Batam terdampak Covid-19 di Kecamatan Sei Beduk, pada Kamis (13/8/2020) pagi.

Bantuan ini diserahkan oleh Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam, Wahjoe Triwidijo Koentjoro, dan diterima langsung oleh perwakilan masyarakat di empat Kantor Kelurahan di wilayah Kecamatan Sei Beduk, yaitu Kelurahan Duriangkang, Kelurahan Tanjung Piayu, Kelurahan Mangsang, dan Kelurahan Muka Kuning.

Dalam sambutannya, Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam, Wahjoe Triwidijo Koentjoro, mengatakan, pihaknya akan mengawal pelaksanaan pembagian paket sembako tersebut agar berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kami juga berharap, meskipun tidak banyak, namun paket sembako ini diharapkan dapat meringankan beban warga Kecamatan Sei Beduk yang terdampak Covid-19,” kata Wahjoe.

Selain itu, Wahjoe juga meneruskan pesan Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, agar seluruh masyarakat Kecamatan Sei Beduk terus memperhatikan protokol kesehatan setiap beraktivitas di luar rumah, dengan selalu mengenakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun selama sedikitnya 20 detik, dan selalu menjaga jarak.

Adapun isi dari paket sembako tersebut berupa beras 10 kilogram, mi instan 10 bungkus, minyak goreng 2 liter, krimer kental manis 2 kaleng, ikan dalam kaleng 425 gram, teh celup, sirup, dan biskuit.

Turut hadir dalam penyerahan sembako tersebut antara lain, Camat Sei-Beduk, Ghufron, para pejabat tingkat 2 di lingkungan BP Batam, dan tokoh masyarakat setempat. (rud)

Batam, 13 Agustus 2020

Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam

Email: [email protected]
Twitter: @bp_batam
Facebook: BIFZA
Instagram: BPBatam
Website: www.bpbatam.go.id
Youtube: BPBatam

4,908 kali dilihat, 821 kali dilihat hari ini

Facebook Comments

Lanjutkan Membaca

Perkembangan VIRUS CORONA

Komentar Facebook

Trending