Terhubung dengan kami

Batam

Mangrove Pelindung Umat Manusia

Diterbitkan

pada

WAJAHBATAM.ID – 5/7/2019 | Penimbunan Marka anak sungai pahat Bulang Lintang Kecamatan Pulau Buluh mendapat tanggapan dari Ketua KPLHI Kota Batam Azhari Hamid dan mengingatkan bahayanya tindakan yang dilakukan oleh anak-anak Perusahaan PT. ITS yang telah melakukan penimbunan Marka anak sungai di Bulang Lintang Pulau Buluh. Tulisan ini merupakan edukasional atas bahayanya jika hutan mangrove musnah oleh tangan jahil manusia

Oleh: Azhari Hamid (Ketua KPLHI Batam)

Mencermati dugaan terjadinya reklamasi yang diduga dilakukan oleh PT. ITS atau anak perusahaannya terhadap habitat mangrove di areal Pulau Buluh tepatnya yang berdampak signifikan di sungai Pahat, Kota Batam KPLHI Kepri dan Kota Batam sangat menyayangkan hal tersebut. Karena ini menyangkut penjarahan hak hidup makhluk hidup dalam lingkungannya.

PT. ITS Diduga Lakukan Reklamasi Ilegal Yang Mengancam Mata Pencarian Masyarakat Kecamatan Bulang Lintang

Mangrove merupakan ekosistem yang spesifik karena pada umumnya hanya dijumpai pada pantai yang berombak relatif kecil atau bahkan terlindung dari ombak, di sepanjang delta dan estuarin yang dipengaruhi oleh masukan air dan lumpur dari daratan. Secara ringkas dapat didefinisikan bahwa hutan mangrove adalah tipe hutan yang tumbuh di daerah pasang surut (terutama pada pantai yang terlindung, laguna, muara sungai) yang tergenang saat pasang dan bebas genangan pada saat surut yang komunitas tumbuhannya bertoleransi terhadap garam.

Sedangkan ekosistem mangrove merupakan suatu sistem yang terdiri atas organisme (hewan dan tumbuhan) yang berinteraksi dengan faktor lingkungannya di dalam suatu habitat mangrove. Secara umum hutan mangrove memiliki karakteristik sebagai berikut :

1. Tidak dipengaruhi oleh iklim, tetapi dipengaruhi oleh pasang surut air laut (tergenang air laut pada saat pasang dan bebas genangan air laut pada saat surut).

2. Tumbuh membentuk jalur sepanjang garis pantai atau sungai dengan substrat anaerob berupa lempung (firm clay soil), gambut (peat), berpasir (sandy soil) dan tanah koral.

3. Struktur tajuk tegakan hanya memiliki satu lapisan tajuk (berstratum tunggal). Komposisi jenis dapat homogen (hanya satu jenis) atau heterogen (lebih dari satu jenis). Jenis-jenis kayu yang terdapat pada areal yang masih berhutan dapat berbeda antara satu tempat dengan lainnya, tergantung pada kondisi tanahnya, intensitas genangan pasang surut air laut dan tingkat salinitas.

4. Penyebaran jenis membentuk zonasi. Zona paling luar berhadapan langsung dengan laut pada umumnya ditumbuhi oleh jenis-jenis Avicennia sp. dan Sonneratia sp. (tumbuh pada lumpur yang dalam, kaya bahan organik). Zona pertengahan antara laut dan daratan pada umumnya didominasi oleh jenis-jenis Rhizophora sp. Sedangkan zona terluar dekat dengan daratan pada umumnya didominasi oleh jenis-jenis Brugiera sp.

Fungsi mangrove secara umum dapat diuraikan sebagai berikut :
1. Fungsi Fisik
– Menjaga garis pantai dan tebing sungai dari erosi/abrasi agar tetap stabil;
– Mempercepat perluasan lahan;
– Mengendalikan intrusi air laut;
– Melindungi daerah di belakang mangrove dari hempasan gelombang dan angin kencang;
– Menguraikan/ mengolah limbah organik.

2. Fungsi Biologis/ Ekologis
– Tempat mencari makan (feeding ground), tempat memijah (spawning ground) dan tempat berkembang biak (nursery ground) berbagai jenis ikan, udang, kerang dan biota laut lainnya;
– Tempat bersarang berbagai satwa liar, terutama burung;
– Sumber plasma nutfah.

3. Fungsi Ekonomis
– Hasil hutan berupa kayu;
– Hasil hutan bukan kayu, seperti madu, bahan obat-obatan, minuman, makanan, tanin;
– Lahan untuk kegiatan produksi pangan dan tujuan lain.

https://www.wajahbatam.id/batam/wb-01072019/belasan-tokoh-dan-rt-rw-bulang-lintang-minta-berita-tentang-pt-itr-dihapus/

Dari uraian diatas kiranya kita perlu memahami dengan bijaksana bahwa begitu besar kasih sayang Allah SWT dengan memberikan mangrove pada lokasi pantai – pantai kita dengan segala manfaat dan fungsi proteksi terhadap bencana yang mungkin timbul dari laut ataupun darat.

Sangat tidak berperikemanusiaan jika mangrove dijadikan komoditas oleh pihak – pihak tertentu dalam skala besar tanpa adanya studi kelayakan dan perizinan lainnya. Aparat pemerintah jikalau memberikan izin pemanfaatn mangrove untuk kegiatan lain, sebaiknya mempelajari benar dampak negatif dan posutif nya. Tidak hanya sebatas meminta hutan pengganti yang selama ini kami ketahui jika ada industri yang akan menimbun area mangrove yang masuk dalam areal kegiatannya.

Dunia sudah menilai mangrove sebagai salah satu bagian dari konservasi terhadap lingkungan dalam proteksi terhadap berbagai bencana terutama Tsunami. Mungkin kita berbendapat bahwa wilayah Kepri tidak ada potensi tsunami, tetapi kita perlu juga memikirkan bahwa wilayah Kepri adalah areal terbuka dalam lintasan transportasi laut, disini mangrove akan berfungsi dalam penyerapan bahan – bahan beracun yang dibuang atau terlepas kelaut. Mari kita bela dan kita jaga MANGROVE kita, karena MANGROVE pasti akan menjaga kita dari bencana.

*) Ketua KPLHI Kota Batam

21,668 kali dilihat, 38 kali dilihat hari ini

Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Batam

Sosmed Wajah Batam Beri Kontribusi Informasi Membernya

Diterbitkan

pada

Oleh

WAJAHBATAM.ID | Wajah Batam Televisi (WbTV) hadir di Jaringan Televisi Anda Minggu, 01/9/2019. WbTV adalah sebuah media Televisi Cable yang akan mensinergikan informasi real, berani update, akurat dan terpercaya.

Semua itu tentunya tidak terlepas dari semangat awal Forum Sosial WB yang konsepnya dilanjutkan melalui sebuah perusahaan PT. WAJAH BATAM INDONESIA.

Untuk menjadikan WbTV sebagaimana yang diinginkan masyarakat, tentunya tidak terlepas dari kerjasama masyarakat sebagai citizen journalis sebagai kontributor yang mengirimkan informasi sesuai dengan kejadian dan kenyataan di lapangan, disamping menyorot hal-hal yang memungkinkan dapat membangun dan mengganggu pembangunan kota Batam secara menyeluruh.

Bagaimana Cara Mengirimkan Informasi?

Setiap informasi (berupa video landscape) yang dikirimkan ke WbTV akan disaring dan kru WbTV akan menghubungi yang bersangkutan untuk meminta konfirmasi dan menjadikan kontributor sebagai narasumber yang selanjutkan akan ditelusuri oleh team lapangan WbTV.

Bagaimana Proses Penayangan Berita Journalis Publik?

Informasi berupa video landscape dari kontributor akan ditayangkan setelah kontributor memberi keterangan dan pihak WbTV juga akan menampilkan kontributor melalui tayangan wawancara baik secara offline maupun online.

Apresiasi

WbTV akan memberi apresiasi kepada kontributor yang mengirimkan video landscapenya setiap bulan dengan jumlah informasi yang ditayangkan setiap bulannya dan management WbTV akan menghubungi anda sebagai kontributor setia WbTV.

Apa saja informasi video landscape Anda yang akan ditayangkan ?

Berbagai informasi penting yang akan anda kirimkan dengan ketentuan:
1. Tidak pernah ditayangkan di media manapun.
2. Video asli yang diambil dengan perangkat lunak apapun seperti Gadget, HP, Handy Cam dll.
3. Informasi apapun yang penting diketahui masyarakat disegala bidang kehidupan khususnya dalam membangun dan memperbaiki bangsa.
4. Video dapat berupa Penegakan hukum, Kecelakaan, Kejadian Seputar Kita, Acara Hiburan, Sosial, Ekonomi, Politik, dll
5. Video dengan durasi maksimal 5 menit yang dapat terdiri dari beberapa potongan video dalam kegiatan, situasi dan suasana yang sama.

6. Berita video terkini merekam kejadian yang minimalm berusia 24 jam. Dan untuk video khusus berusia selambatnya 15 hari.

Kontribusi

Kontribusi total yang anda peroleh dihitung setiap bulannya dengan nilai Rp 10.000,-/informasi video.

Video Khusus

Video Khususa adalah video yang memvisualkan kejadian2 penting dalam ungkap kasus atau video penting lainnya dalam menghentikan kerugian negara)

Video Istimewa akan diberi apresiasi dalam 2 kategori:

1. Class A : Rp 250.000
(180rb Video + 70.000 keterangan lengkap berita)

2. Class B : Rp 500.000
(400rb video + 100rb keterangan lengkap berita)

Sanksi

Video yang diterima redaksi WBtv adalah asli milik pengirim dan atau mempunyai hak untuk mengirimnya, klaim hak cipta atau hukum atas kepemilikan video merupakan tanggung jawab kontributor.

Syarat-syarat

Video landscape yang dikirimkan harus disertai data kontributor a.l: KTP dan identitas lainnya serta no telp/WhatsApp dan rekening Bank.

Privacy

WBtv akan merahasiakan data kontributor jika diperintahkan kepada Management WBtv.

Klaim

Management keuangan WbTV akan menghubungi dan mengirimkan pembayaran melalu nomor rekening Kontributor atau dapat melakukan klaim ke kantor PT. Wajah Batam Indonesia (WBI) setiap tutup buku bulanan ke:

PT.WAJAH BATAM INDONESIA
Alamat : Avava Mall
Telp/WhatsApp :  …

Informasi lanjut dapat menghubungi Management di nomor Telp/WhatsApp @Rina Silfya : 08117711223
@Suharsad : 085356308683

TimWb

12,550 kali dilihat, 306 kali dilihat hari ini

Lanjutkan Membaca

Batam

Pekan Raya & Karnaval Kuda Lumping Sambut 1 Muharam 1441

Diterbitkan

pada

Oleh

WAJAHBATAM.ID | Pekan raya dan karnaval budaya kudalumping ke lll yang diselenggarakan di kelurahan Tanjung Sengkuang dari tanggal 28 Agustus 2019 lalu, ditutup pada malam hari tanggal 3 September 2019.

Pekan raya ini diselenggarakan oleh kelurahan Tanjung Sengkuang dalam rangka menyambut Hari besar Islam 1 Hijriyah 1441. Acara yang ditutup oleh sekda kota Batam Jefridin ini pada pembukaannya diresmikan oleh camat Batu Ampar yang didampingi oleh lurah tanjung Sengkuang Tukijan.

Acara ini juga didukung oleh 3 Sanggar tari kuda lumping yang ada dikota Batam yaitu “bathoro mayang nusantoro”, “Turonggo Seto”, “Sri manunggal bodoyo”, dan “Suryo Joyo Kusumo”.

Panitia penyelenggara pekan raya dan karnaval juga menggelar beberapa acara seperti “pencak silat” dari Perguruan SILAT “SETIA HATI TERATE,” dan TAPAK SUCI.

Kemeriahan pekan raya ditanjung Sengkuang pada malam terakhir dihadiri sekitar 4000 pengunjung yang berasal dari seluruh daerah di kota Batam.

Adanya pekan raya ini terselenggara, membuktikan bahwa Kekayaan seni dan budaya yang ada dikota Batam membuktikan Batam adalah miniatur Indonesia yang layak untuk menjadi daerah tujuan pariwisata mancanegara,

Kontributor:
Edi Kartika

14,378 kali dilihat, 370 kali dilihat hari ini

Lanjutkan Membaca

Batam

Pawai Obor Dalam Peringatan 1 Muharam Perumahan Bunga Raya Batam

Diterbitkan

pada

Oleh

WAJAHBATAM.ID | Menyambut malam Tahun Baru Islam 1441 Hijriah atau 1 Muharam, masyarakat perumahan Bunga Raya Batam Kota turun ke jalan menggelar pawai obor. Suasana kawasan Mesjid Al FALAH terlihat meriah.

Pantauan Wajah Batam, Sabtu (31/8/2019) malam, selepas salat isya atau sekitar pukul 19.30 WIB, masyarakat perumahan Bunga Raya Batam Centre menggelar pawai obor mengitari perumahan yang bertempat dipusat kota batam.

Peserta pawai yang terdiri dari anak-anak dan orang dewasa ini terlihat membawa obor bambu. Selain membawa obor, warga juga membawa ragam atribut spanduk dan baliho dengan Thema “Dengan semangat tahun baru Islam, mari kita tingkatkan kebersamaan. Saling asah asih dan asuh di perumahan bunga raya”

Sambil diiringi bedug, drum band serta alat musik lainnya, peserta pawai obor mengakhiri Pawai Ta’aruf dengan semangat islami juga mengadakan ramah tamah warga bersama ketua BMGQ, Ustadz Asyhar Al Hafidz.

Pawai obor dalam menyambut Tahun Baru Islam ini dimaknai warga Perumahan Bunga Raya sebagai semangat untuk menyongsong masa depan lebih baik.

“Semoga dengan semangat 1 Muharam dapat menjadikan kami makhluk yang sadar dan lebih meningkatkan taqwa kepada Allah. SWT dan mendapat keberhakan Nya “, ungkap Wayan Sopyan Widodo, salah satu warga Perumahan Bunga Raya.

15,381 kali dilihat, 299 kali dilihat hari ini

Lanjutkan Membaca

Trending