Terhubung dengan kami

Batam

Mobil Mewah Di Batam Rugikan Negara

Diterbitkan

pada

Oleh : Ta’in Komari, SS.
Ketua Presidium Kelompok Diskusi Anti 86; dan Kontributor Wajah Batam

WAJAHBATAM.ID – 9/4/2019 | Masuknya mobil mewah di Batam yangt mendapatkan fasilitas bebas bea masuk, PPN dan PPnBM jelas-jelas merugikan negara. Sebab tanpa membayar semua ketentuan itu maka uang yang harusnya masuk ke kas negara tidak ada. Negara dirugikan secara langsung. Masyarakat umumnya dirugikan secara tidak langsung.

Mobil Mewah yang umumnya masuk dari Singapura itu terdiri dari berbagai jenis mulai Jeep Rubicon/Wrangler, Toyota Alfard/Velfire, Toyota Land Cruiser, Toyota Harrier, Lexus, Nissan Elegrand, Rover Ranger, Mercedes Benz, BMW, bahkan beberapa mobil sport mewah seperti Ferrari dan Lamborgini. Mobil sport Toyota GT 86 dianggap biasa mesti harganya bisa setengah harga Jakarta. Sementara mobil mewah di Batam itu harganya bisa hanya 1/3 harga di Jakarta.

Siapa sesungguhnya yang diuntungkan dengan fasilitas bebas bea masuk, PPN dan PPnBM ini? – jawabnya sudah pasti Importir mobil, dealer atau distributor dan orang yang punya duit. Negara dapat apa? Masyarakat Batam umumnya dapat apa? Bea masuk nilainya bisa 200 persen bahkan lebih dari nilai mobil mewah tersebut. PPN sebesar 10 persen dari nilai jual mobil. PPnBM bisa 20 persen harga beli mobil. Semua potensi itu loss, tak ada masuk ke kas negara.

Fasilitas FTZ mestinya berorientasi pada kepentingan umum masyarakat, bukan hanya untuk nikmati segelintir orang saja. Misalnya, FTZ mestinya bisa menekan harga sembako, harga property khususnya tempat tinggal rumah atau apartemen, transportasi umum, dan pakaian. 4 jenis kebutuhan dasar masyarakat umum ini yang mestinya ditekankan dalam penerapan konsep FTZ. Insentif pajak dan kemudahan administrasi investasi secara otomatis, bahkan tanpa fasilitas FTZ-pun mesti diberikan.

Tetapi mobil mewah, hanya sebagian kecil yang menikmati, kelompok elit yang memiliki kemampuan keuangan bagus, yang semestinya berlaku sebaliknya dikenakan pajak dan pungutan lebih besar agar dapat dilakukan pemerataan manfaat dari suatu kebijakan. Pembangunan berbagai infrastruktur seperti jalan, fasilitas umum, transportasi umum, kantor-kantor pelayanan public, – jelas memerlukan dana yang besar sehingga pemasukan/pendapatan dari sector otomotif ini sangat strategis.

Bahkan ada indikasi mobil mewah yang masuk ke Batam tersebut bukanlah mobil baru tapi mobil rekondisi dari Singapura. Misalnya, Toyota Land Cruiser produksi di bawah tahun 2016 – keberadaannya di Batam baru nampak banyak pada dua tahun terakhir, padahal mobil itu model produksi tahun 2015 atau 2014. Atau sebaliknya Lexus LX570 produk tahun 2016-2019 tapi menggunakan nomor polisi tahun 2014 atau 2015. Hal sama juga terjadi dengan model-model mobil mewah lainnya. Mungkin juga telah terjadi manipulasi data kendaraan diduga terjadi untuk memenuhi standar atau meringankan pajak yang harus dibayar? Misalnya mobil yang semestinya membayar pajak kendaraan bermotornya Rp. 15 jutaan pertahun, dimanipulasi data kendaraan sehingga bisa membayar hanya sekitar Rp. 5 jutaan atau lebih rendah lagi.

Keberadaan mobil mewah tersebut bahkan terindikasi tidak didaftarkan secara resmi di Samsat dan tidak membayar pajak kendaraan pada Dispenda Provinsi Kepri sebagaimana mestinya – alias mobil ‘bodong’. Namun pemilik atau pengguna dengan aman berlalu lalang menikmati jalanan Batam yang dibangun dari uang rakyat melalui pajak dan retribusi. Beberapa nomor polisi mobil mewah tidak ditemukan ketika coba dicek melalui sistem online. Sementara pemerintah daerah saat ini kesulitan menyelesaikan pembangunan infrastruktur karena kekurangan anggaran – bahkan beberapa pemerintah daerah mengalami defisit. Jadi keberadaan mobil mewah di Batam perlu dievaluasi secara lebih mendalam. Jika terjadi pelanggaran hukum maka harus diproses sebagaimana mestinya.

Siapa pemainnya…? Semoga penulis mendapatkan informasi daari berbagai pihak yang memahami persoalan impor mobil mewah CBU dan seputar perpajakan kendaraan bermotor. Keberadaannya yang jelas merugikan negara sangat perlu dievaluasi. Konsep FTZ mestinya bukan untuk kepentingan untuk dinikmati segelintir orang saja tapi untuk kepentingan umum masyarakat Batam bahkan kepentingan nasional, yakni mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan motor pergerakan ekonomi bangsa.

To be continue…!

247,335 kali dilihat, 16 kali dilihat hari ini

Iklan
1 Komentar

1 Komentar

  1. Eddy kartika

    12 April 2019 di 11:46

    Pajak mobil mewah berhenti intansi terkait hrs bertindak tegas soal pajak mbil mewah itu…..

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Batam

Liburan Telah Usai, Ayo Kembali Ke Sekolah

Diterbitkan

pada

Oleh

WAJAHBATAM.ID-16/6/2019 Liburan telah usai Lebaran pun sudah berlalu tanpa terasa saatnya kembali ke sekolah merupan aktivitas pertama yang akan di lakukan anak anda senin pagi besok.
Tentu sebagai orang tua biasanya selalu membantu anak anak mereka mempersiapkan segala sesuatunya untuk sekolah esok hari, dan hari pertama sekolah hal apa saya yang perlu di persiapkan anal anda untuk berangkat ke sekolah besok.

● Yang pertama tentunya seragam sekolah mereka yang sudah beberapa lama di istirahatkan selama liburan saatnya untuk di cek kembali apa sudah di cuci dan strika agar besok pagi pagi tidak kalang kabut mencari di mana pakaian tersebut berada.
Yang kedua

● Cuci tas dan sepatu sekolah walau sebenarnya hal ini sepele tapi menjadi satu poin bagi anak anda untuk semangat kembali bersekolah.karena dengan seragam, tas, kaos kaki dan sepatu yang bersih membuat mereka semangat dan senang ke sekolah kembali.
Yang ketiga

● Cek Jadwal Pelajaran.
Pastikan anak anda di hari pertama sekolah tersebut masuk belaharnya jam berapa dan pastikan apakah mereka belajar seperti biasa atau malah ulangan atau ujian karena libur tahun ini bertepatan dengan bulan bulan evaluasi kenaikan kelas.
Dan cek jadwal pekajaran atau ujian mereka apa sudah di berikan guru sebelum libur agar tidak ketinggalan informasi dan berita.
Yang ke empat

● Persiapkan alat alat tulis, buku atau perlengkapan ujian agar mereka siap untuk melakukan kegiatan  atau aktivitas sekolah mereka besok hari.jika ada yang sudah habis atau di ganti sebaiknya di persiapkan dari sekarang.
Yang kelima

●Jangan lupa sebelum berangkat sekolah besok sarapan dan minum vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh mereka agar tetap bersemangat untuk bersekolah kembali, jika anak anda masih usia prasekolah ada baiknya hari pertama sekolah setelah liburan kemaren anda mengantarkankan ke sekolah untuk hari pertama memberikan semangat untuk mereka.

Jadi selain jadwal, seragam, barang-barang atau peralatan yang harus dipersiapkan saat akan menempuh pendidikan. menjaga kesehatan jasmani dan rohani juga penting, agar kegiatan belajar menjadi maksimal dan bisa mendapatkan ilmu lebih baik.

Itulah diantara persiapan  yang perlu di perhatikan orang tua dan anak anak yang akan memulai kembali aktivitas sekolahnya setelah liburan.
Terima kasih.
Semoga bermamfaat.

( RS)

1,106 kali dilihat, 1,106 kali dilihat hari ini

Lanjutkan Membaca

Batam

Sembako Kadaluarsa dan Berulat, Panti Asuhan Dipaksa Bohong (Bag ll)

Diterbitkan

pada

Oleh

Laporan: Suharsad (Direktur LSM FKPN & Ketum LSM PPKM)

Kutipan Bag l:
Nelly juga mengatakan bahwa saat R menyampaikan sembako tersebut tidak sesuai spech tendernya, justru pihak panti belum membuka paket kirimannya. Hal ini membuat Nelly heran bahkan saat kejaksaan ingin mempersekusinya yang saat itu dikantor kejaksaan dengan tindakan arogan dan akan menahannya dengan borgol, Nelly merasakan ada yang aneh yaitu saat Nelly melawan dengan meminta saat itu juga melakukan pemeriksaan ke panti asuhan, justru jaksa tersebut kabur dan diganti dengan jaksa yang lain;

WAJAHBATAM.ID – 14/6/2019 | 66 Panti Asuhan yang menerima bantuan sosial Pemerintah Kota Batam tahun anggaran 2012 lalu dipaksa mengaku disuruh mengakui bahwa sembako yang dibagikan oleh PT. Tiga Pilar Abadi (TPA) melalui penyedia barang Nelly adalah barang-barang yang sudah kadaluarsa dan berulat, sementara saat dilakukan pemeriksaan mendadak oleh Nelly ternyata barang-barang tersebut belum dibuka dari karungnya.

Kronologi
TPA sebagai pemegang tender pengadaan sembako untuk bantuan sosial 66 Panti Asuhan yang bekerjasama dengan Nelly sebagai penyedia barang pada tanggal 15 oktober 2012 memutuskan kontrak kerjasama sepihak karena menganggap Nelly telah melakukan pelanggaran kontrak dengan pendistribusian barang-barang yang sudah busuk dan berulat. Hingga pada tanggal 21 oktober Heru memanggil Nelly untuk menjumpai Rudi yang saat itu menjabat sebagai Wakil Walikota Batam untuk mengambil pembayaran atas barang yang sudah disalurkan ke 66 panti asuhan di Batam.

7 Tahun Kasus Dugaan Korupsi Bansos 66 Panti Asuhan Dipertanyakan (Bag l)

Nelly yang hadir dengan 3 orang staffnya mengatakan bahwa dalam pertemuan tersebut mereka disambut oleh Kadis Dinsos saat itu Kamaruzzaman dengan 11 orang pegawainya dan TPA sebagai pemegang tender. Dalam pertemuan tersebut Rudi yang hanya berdiri sambil berkacak pinggang langsung mengatakan “Bu, kalau uang ibu saya tak mau bayar, ibu mau ngapain ?” Nelly yang kaget saat itu menjawab “Saya diundang kekantor bapak katanya mau pencairan” yang langsung ditanggapi Rudi: “Pencairan dari mana, pembayaran dari Hongkong… Mulai besok ibu ambil kembali sembako ibu, dan kami akan buat kerjasama baru kembali dengan TPA, dan kami tak mau kerjasama lagi dengan ibu” (ketika dikonfirmasi via WA juga belum dapat tanggapan)

Keesokan harinya Nelly mendatangi panti-panti asuhan tersebut mengambil sembakonya, tapi pihak panti tak mau memberikannya karena pengakuan para panti mengatakan bahwa selama ini tak ada bantuan sembako sebaik ini mutu barang yang mereka terima. Sebelum ini mereka menerima beras raskin. Berbeda dengan tuduhan PTA yang berkantor di Tanjung Pinang yang mengatakan bahwa barang tersebut semua busuk dan kadaluarsa saat 15 panti baru terdistribusikan. Nelly mengatakan bahwa tuduhan tersebut diucapkan saat setelah semua mekanisme pemeriksaan telah dilakukan oleh Dinsos Batam dan TPA sebelum disalurkan.

Dalam perjalanan Nelly mendatangi panti asuhan untuk mengambil barangnya tanpa disadari Nelly menjumpai oknum R lagi ngopi bareng dengan pengurus panti dan juga ditemui Acep (komisaris TPA) juga bersama-sama di salah satu panti asuhan. Ketika Nelly mempertanyakan mana barang mereka yang busuk semua yang ada disana terdiam. Dan pada waktu yang sama Nelly langsung minta izin pada pemilik panti untuk memeriksa barang-barang dan beras yang masih dalam keadaan utuh dan bersegel yang belum dibuka sama sekali. Nelly langsung menumpahkannya didepan  mereka dan pengurus panti tersebut. Melihat gelagat yang kurang baik itu R   beserta orang yang ada di panti tersebut  langsung meninggalkan panti asuhan yang beralamat di Batu Aji tersebut

Nelly langsung minta keterangan dan dari pengakuan pengurus panti. Pengurus itu mengakui bahwa mereka dipaksa untuk berbohong oleh oknum TPA R (oknum polisi) dan kroninya.

Bersambung

Bag lll: Saat Nelly Akan Diborgol Paksa, Jaksa kabur ditantang ke lokasi Panti Asuhan.

25,086 kali dilihat, 894 kali dilihat hari ini

Lanjutkan Membaca

Batam

Mengapa Wanita Menangis, Pria Perlu Tau

Diterbitkan

pada

Oleh

WAJAHBATAM.ID-14/6/2019
Dalam menghadapi wanita,pria sering merasa serba salah apalagi harus menebak nebak apa yang terjadi pada diri seorang wanita, kadang bukan karena alasan tidak peka, pria sering menganbil tindakan diam jika mereka sudah tidak mengerti dengan apa yang menjadi keinginan seorang wanita.

Apalagi jika situasi sudah sampai menghadapi air mata alias menangis.kadang banyak pria salah memahami apa yang menjadi alasan seorang wanita tersebut menangis.
Alih – alih tau, malah tambah bingung di buatnya.kalau pria boleh memilih, mungkin mereka lebih baik mengerjakan tugas logaritma yang rumit dari pada mengartikan arti dari tangis seorang wanita.😊😊😊

Nah…kalau para pria jika masih mau juga mengerti di antara makna dari tangis seorang wanita…kita bocorin dikit deah…biar tak pada pusing tujuh keliling jika nanti tiba tiba pasangannya menangis..

●Wanita yang menangis dan mau terlihat baik – baik saja di hadapan kamu .
Jika itu yang terlihat maka bisa di pastikan wanita tersebut sedang menangis mungkin ada salah satu mimpi atau keinginanya yang tidak terwujud, dan jika di tanya pasti jawabnya ” ngak apa apa ,aku baik – baik saja “.
Jika situasi seperti itu sebaiknya pria nggak usah banyak bicara ,cukup menjadi pendengar yang baik, biarkan dia memulai untuk membicarakan keinginannya itu dan jika kalian adalah pasangan yang menikah cukup genggam saja tangannya dan biarkan dia menangis sampai dia siap bicara denganmu.😋😋

●Wanita yang menangis sesenggukan kayaknya nyesak sekali dan kelihatan sulit untuk bernafas, biasanya tangis seperti itu sering di alami oleh seorang wanita yang sedang mengalami sebuah tekanan yang sangat menyesakkan dadanya mungkin karena keluarga, pekerjaan, atau masalah lain yang buat pikiran dan tenaganya tersita. Dia bukannya tak mau berbagi masalah denganmu. Hanya saja dia belum menemukan momen yang pas untuk bercerita.

●Wanita yang menangis sambil ngomel tanpa jeda..nah..ini yang paling super membingungkan pria😂😂
Tapi sering terjadi biasanya.
Karena tangis seperti ini sebenarnya adalah kode alam bagi pria agar lebih memberikan perhatian pada sang wanita lebih banyak lagi karena biasanya tangisan seperti ini selalu di iringi dengan perasaan kesal dan marah.
Jika hal ini terjadi mungkin sebaiknya pria perbanyak minta maaf aja deah dan dengarkan omelan tersebut sampai tuntas,
Eitt…jangan menjawab agar tak terjadi perang Dunia ke 5.
Biasanya jika pria cepat cepat minta maaf …tangis dengan omelan tersebut biasanya langsung reda…😊😊😊

●Wanita yang menangis tapi masih bersikap biasa biasa saja ke kamu…
Nah …kalau yang satu ini terjadi pada pasanganmu…
Biarin aja…nggak usah di pusingin..biasanya nangis seperti ini terjadi karena si wanita kebanyakan nonton film Drama Korea atau India ha..ha..ha..

Oke untuk sementara mungkin segitu dulu ..masih banyak jenis dari tangis wanita yang punya makna berbeda mungkin lain waktu kita ulas lagi deah.
Terima kasih .
Semoga bermamfaat

(RS)

9,913 kali dilihat, 702 kali dilihat hari ini

Lanjutkan Membaca

Trending