Terhubung dengan kami

Batam

Kepala BP Batam: Walau Pandemi Covid, Investasi di Batam Berada pada Tren Positif

Diterbitkan

pada

 

WB-BP133 | Nilai investasi di Batam selama kurun waktu 5 tahun terakhir masih berada pada tren positif, dan meskipun saat ini tengah mengalami pandemi Covid-19.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi, saat menjadi pembicara dalam web seminar (webinar) yang diselenggarakan oleh Singapore Business Federation (SBF) serta KADIN Komite Singapura, pada Selasa (7/7/2020) siang.

Muhammad Rudi menyampaikan, jumlah perusahaan PMA dan PMDN yang memiliki ijin Angka Pengenal Impor Produsen (API-P) dan Ijin Usaha Kawasan yang tercatat di BP Batam adalah 1.309 perusahaan dengan total pekerja 169.265 karyawan.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, menambahkan, dari 10 negara yang paling banyak menanamkan modalnya di Batam, Singapura masih mendominasi di posisi pertama dengan nilai investasi kurun waktu 5 tahun terakhir lebih dari 1,2 juta USD. Disusul oleh Hongkong, Malaysia, Australia dan Perancis.

“Selama masa pandemi ini, kami informasikan bahwa industri di kota Batam tidak mengalami lockdown sehingga kegiatan masih berjalan normal meskipun kami menerapkan dan mengawasi sistem protokol kesehatan dimasing-masing perusahaan di Batam,” kata Muhammad Rudi.

Duta Besar RI untuk Singapura, I Gede Ngurah Swajaya, juga turut menjadi pembicara dalam webinar tersebut.

Dalam pemaparannya, Duta Besar RI untuk Singapura, mengatakan, Asia merupakan kawasan yang diincar untuk peningkatan produktivitas manufaktur. Dengan dukungan SDM dan SDA yang dimiliki, Indonesia berkontribusi 40% pasar di Asia.

Selain itu, kata I Gede Ngurah Swajaya, berdasarkan penelitian Morgan Stanley, Indonesia termasuk dalam kelompok kedua pada percepatan pemulihan ekonomi pasca Covid-19 setelah RRT.

Lebih Lanjut, Ngurah Swajaya mengatakan, saat ini Indonesia telah melakukan pengembangan 108 industri yang didukung atas teknologi industri. Untuk mendukung usaha tersebut, pemerintah Indonesia telah bekerja sama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Bank Indonesia akan melakasanakan Investmant Day untuk menarik minat investor.

“Dengan keadaan politik yang stabil dan letak geografis yang sangat menguntungkan, Batam dinilai sangat ideal untuk pengembangan industri manufaktur,” ujar Dubes Indonesia untuk Singapura, I Gede Ngurah Swajaya.

Selain menghadirkan Duta Besar RI untuk Singapura dan Kepala BP Batam, webinar juga menghadirkan Executive Director of Singapore Business Federation Mr. Thian Tai Chew dan Ketua KADIN Komite Singapura Dr. Michael Goutama.

Webinar ini bertujuan untuk menginformasikan perkembangan investasi dan peluang investasi Batam ke depan, serta perkembangan pandemic Covid-19 di Batam. (rud)

Batam, 8 Juli 2020

Biro Humas Promosi dan Protokol
Badan Pengusahaan Batam

Email: [email protected]
Twitter: @bp_batam
Facebook: BIFZA
Instagram: BP Batam
Youtube: BP Batam

3,696 kali dilihat, 8 kali dilihat hari ini

Facebook Comments

Iklan

Klik untuk komentar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Batam

BP Batam Serahkan 24.557 Bantuan Sembako di Kecamatan Sei Beduk

Diterbitkan

pada

Oleh

 

WB-BP159 | Badan Pengusahaan (BP) Batam menyerahkan bantuan paket sembako kepada masyarakat Batam terdampak Covid-19 di Kecamatan Sei Beduk, pada Kamis (13/8/2020) pagi.

Bantuan ini diserahkan oleh Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam, Wahjoe Triwidijo Koentjoro, dan diterima langsung oleh perwakilan masyarakat di empat Kantor Kelurahan di wilayah Kecamatan Sei Beduk, yaitu Kelurahan Duriangkang, Kelurahan Tanjung Piayu, Kelurahan Mangsang, dan Kelurahan Muka Kuning.

Dalam sambutannya, Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam, Wahjoe Triwidijo Koentjoro, mengatakan, pihaknya akan mengawal pelaksanaan pembagian paket sembako tersebut agar berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kami juga berharap, meskipun tidak banyak, namun paket sembako ini diharapkan dapat meringankan beban warga Kecamatan Sei Beduk yang terdampak Covid-19,” kata Wahjoe.

Selain itu, Wahjoe juga meneruskan pesan Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, agar seluruh masyarakat Kecamatan Sei Beduk terus memperhatikan protokol kesehatan setiap beraktivitas di luar rumah, dengan selalu mengenakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun selama sedikitnya 20 detik, dan selalu menjaga jarak.

Adapun isi dari paket sembako tersebut berupa beras 10 kilogram, mi instan 10 bungkus, minyak goreng 2 liter, krimer kental manis 2 kaleng, ikan dalam kaleng 425 gram, teh celup, sirup, dan biskuit.

Turut hadir dalam penyerahan sembako tersebut antara lain, Camat Sei-Beduk, Ghufron, para pejabat tingkat 2 di lingkungan BP Batam, dan tokoh masyarakat setempat. (rud)

Batam, 13 Agustus 2020

Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam

Email: [email protected]
Twitter: @bp_batam
Facebook: BIFZA
Instagram: BPBatam
Website: www.bpbatam.go.id
Youtube: BPBatam

1,106 kali dilihat, 1,106 kali dilihat hari ini

Facebook Comments

Lanjutkan Membaca

Batam

Surat Masyarakat Melalui Staff DPRD Batam Tak Pernah Diteruskan ke Kantor Komisi

Diterbitkan

pada

Oleh

WAJAHBATAM.ID – Batam | Di duga Staf Kantor DPRD Kota Batam tidak kooperatif dalam menyambungkan aspirasi masyarakat kepada DPRD dan pimpinanya, ini dibuktikan bahwa dua kali surat pengaduan warga Batu Merah yang diserahkan melalui staf di kantor rakyat itu tidak pernah sampai ke Kantor Komisi DPRD Batam (red)

Masyarakat Kampung Tua Batu Merah yang mendatangi Kantor DPRD mempertanyakan surat masyarakat yang sudah dua kali dialamatkan ke Kantor DPRD Batam melalui staf nya. Hal ini terbongkar saat masyarakat lakukan aksi demo menuntut Walikota Batam memecat Lurah Batu Merah yang diduga menjadi Tuan Takur pada perkampungan liar didaerah mereka juga mendatangi kantor rakyat itu, Rabu (12/8).

Aksi yang dibelokkan ke Kantor DPRD Batam itu membongkar bahwa surat yang dialamatkan ke DPRD Batam tersebut tidak pernah sampai ke meja ketua dan Komisi DPRD Kota Batam, demikian salah satu warga mengatakan pada kru media WB.

Hal ini juga sangat disayangkan oleh Tetuah Ko Tua,  salah satu tokoh masyarakat Batu Merah yang ikut dalam aksi itu “Pantasan sudah dua kali saya mengirimkan surat tidak ada jawaban, ternyata surat yang kami kirimkan tidak di sampaikan oleh Staff, Kantor DPRD ini adalah rumah rakyat bukan tempat Politik, Kalian di pilih oleh rakyat jadi kalian harus ada untuk rakyat, jangan kalian makan uang rakyat ” ujarnya kepada awak media Selasa 12/08

Ketua DPRD Komisi I Kota Batam, Budi Mardianro menyampaikan,
Saya tidak tahu adanya surat itu belum tersampaikan ke saya, sekarang saya suruh staf saya untuk mencarinya, dan besok perwakilan dari masyarakat kp tua akan saya suruh kirimkan surat langsung menemui saya” tuturnya.

*aji

8,766 kali dilihat, 8,740 kali dilihat hari ini

Facebook Comments

Lanjutkan Membaca

Batam

BP Batam Serahkan Bantuan Sembako di Kecamatan Sagulung

Diterbitkan

pada

Oleh

 

WB-BP158 | Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi, didampingi Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam, Wahjoe Triwidijo Koentjoro, menyerahkan bantuan paket sembako secara simbolis untuk masyarakat Kota Batam yang terdampak Covid-19 di wilayah Kecamatan Sagulung, pada Rabu, 12 Agustus 2020.

Sebanyak 48.889 paket nantinya akan didistribusikan kepada 6 kelurahan, yaitu Kelurahan Tembesi, Kelurahan Sungai Binti, Kelurahan Sungai Lekop, Kelurahan Sagulung Kota, Kelurahan Sungai Langkai dan Kelurahan Sungai Pelunggut.

Paket Sembako tersebut berisikan beras 10 kg, mi instan 10 bungkus, minyak goreng 2 liter, krimer kental manis 2 kaleng, ikan dalam kaleng 425 gram, teh celup, sirup, dan biskuit.

Kecamatan Sagulung merupakan lokasi ke-9 dalam pendisitribusian bantuan sembako, dan masih akan ada pendsitribusian di 3 Kecamatan nantinya yaitu Batam Kota, Sei Beduk, dan Batu Aji.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengatakan, bantuan dari BP Batam ini merupakan bentuk kepedulian BP Batam kepada masyarakat akibat adanya pandemi Covid-19. Ia berharap bantuan sembako ini dapat bermanfaat bagi warga terdampak Covid-19 di Kecamatan Sagulung.

“Kita ingin melakukan yang terbaik, untuk itu Badan Pengusahaan Batam hadir di tengah masyarakat untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19. Kita juga berharap ke depan perekonomian dapat pulih kembali dan dapat investasi di Kota Batam akan meningkat, maka dari itu Kota Batam harus aman terkendali,” kata Muhammad Rudi

Perwakilan RT/RW Kecamatan Sagulung, menyampaikan ungkapan rasa sukur dan terima kasihnya kepada BP Batam yang telah memberikan paket sembako pada tahap 4 ini, semoga ke depannya BP Batam dapat terus memperhatikan masyarakat dan investasi di Kota Batam.

Dalam kesempatan tersebut juga, perwakilan RT/RW di Kecamatan Sagulung, meminta kepada BP Batam agar dapat menyediakan lahan untuk dijadikan sarana belajar mengajar bagi masyarakat di sekitar Kecamatan Sagulung terutama Sekolah Menengah Pertama.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengimbau dalam proses pembagiannya agar tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, selalu menggunakan masker, jaga jarak antara satu dan lainnya, rajin mencuci tangan, serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Turut hadir dalam kegiatan, Camat Sagulung, Reza Khadafi, Muspika Kecamatan Sagulung, para Lurah se-Kecamatan Sagulung, pejabat tingkat 2 di lingkungan BP Batam, serta tokoh masyarakat di lingkungan Kecamatan Sagulung. (cc)

Batam, 12 Agustus 2020

Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam
Dendi Gustinandar

Email: [email protected]
Twitter: @bp_batam
Facebook: BIFZA
Instagram: BPBatam
Website: www.bpbatam.go.id
Youtube: BPBatam

6,410 kali dilihat, 3,485 kali dilihat hari ini

Facebook Comments

Lanjutkan Membaca

Perkembangan VIRUS CORONA

Komentar Facebook

Trending