Terhubung dengan kami

Batam

Ombudsman RI Minta Pemerintah Batalkan Rencana Penunjukan Rudi Sebagai Ex-Officio Kepala BP Batam

Diterbitkan

pada

WAJAHBATAM.ID – 10/5/2019 | Ombudsman Republik Indonesia menemukan sejumlah pelanggaran administratif, atas penunjukan Wali Kota Batam Muhammad Rudi sebagai Ex-officio Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Pelabuhan Bebas dan Perdagangan Bebas Batam (BP KPBPB Batam).

Setelah Lukita Dinarsyah Tuwo diberhentikan Desember 2018 lalu dan diisi sementara oleh Edy Putra Irawady, jabatan tersebut menjadi seksi dan tak lepas dari keinginan Rudi (Walikota Batam saat ini) yang jauh-jauh hari sudah terdengar akan menjabat rangkap sebagai ex-officio pimpinan BP Batam. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya spanduk-spanduk tandingan yang beredar dukung Rudi yang bertaburan dibeberapa daerah, sebut saja di seputaran jodoh, batu ampar pasca demo yang berlangsung 9/5/2019 lalu, demikian ungkap warga yang dijumpai awak media ini diseputar spanduk dukungan tersebut siang ini 10/5 di Jodoh Batam.

Mengamati hal tersebut, sebagaimana yang dilansir dari IDNNews.id bahwa Komisioner Ombudsman Laode Ida mengatakan, Ombudsman RI dalam dua bulan terakhir telah mengamati dan mengkaji penunjukan Rudi sebagai ex officio Kepala BP Batam dari sisi hukumnya.Ternyata, penunjukannya sarat maladministrasi karena ada beberapa undang-undang yang dilanggar,

“Penunjukkan Wali Kota Batam sebagai ex officio Kepala BP Batam dilakukan tanpa melakukan kajian dan tinjauan hukum yang komperhensif sehingga berpotensi melanggar peraturan perundang-undangan,” ujar Laode sebagaimana dilansir Kompas, Rabu (8/5/2019).

Laode mengatakan, penunjukkan Ex officio mulanya disebabkan adanya wacana dualisme pengelolaan Batam. Dalam rapat kabinet akhirnya diputuskan untuk menunjuk Rudi menempati posisi tersebut.

Faktanya, kata Laode, kajian Ombudsman menyimpulkan bahwa tidak ditemukan adanya dualisme yang dimaksud. Terkait dugaan maladministrasi, masalah pertama yang disorot Ombudsman adalah latar belakang Rudi yang merupakan Wali Kota Batam, orang yang punya jabatan politis. Ia merupakan Sekretaris DPW Partai Nasdem Kepulauan Riau.

Pasal 33 ayat 1 PP Nomor 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Uang Badan Layanan Umum menyatakan, pejabat pengelola BLU terdiri dari PNS atau tenaga profesional. Kepala BP Batam termasuk dalam pejabat BLU.

Kemudian, aturan itu ditegaskan juga melalui Peraturan Dewan Kawasan PBPB Batam Nomor 1 Tahun 2014, di mana disebutkan bahwa pejabat BP Batam harus menanggalkan jabatan kepala daerah maupun jabatan politis lainnya.

Laode mengatakan, BP Batam sejatinya lembaga yang tidak tercampur dengan jabatan politik. Sebab, posisi Wali Kota Batam sebagai Anggota Dewam Kawasan merupakan posisi strategis untuk pengawasan BP Batam.

 

Komisioner Ombudsman Laode Ida “Maka menjadi sebuah kemunduran dalam tata kelola BP Batam yang profesional jika kebijakan penunjukan Wali Kota sebagai ex officio Kepala BP Batam dilakukan,” ujar Laode.

Dalam UU Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, Kepala BP Batam selaku pimpinan lembaga adalah pengguna anggraan. Sementara jabatan Wali Kota bukan merupakan pengguna anggaran.

Jika diberlakukan kebijakan Ex Officio, maka Wali Kota Batam akan menjadi pengguna anggaran. Padahal, pengguna anggaran bukan pejabat yang dihasilkan dari sebuah proses pemilihan umum.

“Hal ini akan menjadi preseden buruk dalam pengelolaan negara,” kata Loade.
Penunjukan Ex Officio BP Batam merupakan kewenangan Kementerian Koordinator Bidang Ekonomi dan juga Dewan Kawasan. Masukan tersebut kemudian disampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo yang kemudian menyetujuinya.

Sebelum diresmikan, Ombudsman meminta pemerintah untuk membatalkan rencana penunjukan Rudi sebagai ex officio Kepala BP Batam.

“Pelanggaran ada pada Dewan Kawasan dan Kemenko Perekonomian. Seolah ini benar tapi itu pelanggaran, sudah ada aturannya dalam undang-undang. Itu aturannya Dewan Kawasan tapi dilanggar sendiri oleh mereka,” terang Laode.(*/kcm/timwb)

71,510 kali dilihat, 10 kali dilihat hari ini

Iklan
1 Komentar

1 Komentar

  1. Eddy kartika

    10 Mei 2019 di 19:56

    Menurut kabar rudi yg saat ini sebagai wali kita batam dan ada kabar/ke inginan rudi mau menjabat rangkap jabatan sekaligus ketua bp batam dan wali kota.menurut saya itu sangat2 tidak pas.apa lagi saat ini kota batam dalam pimpinan rudi pun banyak yg harus di perbaiki.dalam segala hal.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Batam

Sosmed Wajah Batam Beri Kontribusi Informasi Membernya

Diterbitkan

pada

Oleh

WAJAHBATAM.ID | Wajah Batam Televisi (WbTV) hadir di Jaringan Televisi Anda Minggu, 01/9/2019. WbTV adalah sebuah media Televisi Cable yang akan mensinergikan informasi real, berani update, akurat dan terpercaya.

Semua itu tentunya tidak terlepas dari semangat awal Forum Sosial WB yang konsepnya dilanjutkan melalui sebuah perusahaan PT. WAJAH BATAM INDONESIA.

Untuk menjadikan WbTV sebagaimana yang diinginkan masyarakat, tentunya tidak terlepas dari kerjasama masyarakat sebagai citizen journalis sebagai kontributor yang mengirimkan informasi sesuai dengan kejadian dan kenyataan di lapangan, disamping menyorot hal-hal yang memungkinkan dapat membangun dan mengganggu pembangunan kota Batam secara menyeluruh.

Bagaimana Cara Mengirimkan Informasi?

Setiap informasi (berupa video landscape) yang dikirimkan ke WbTV akan disaring dan kru WbTV akan menghubungi yang bersangkutan untuk meminta konfirmasi dan menjadikan kontributor sebagai narasumber yang selanjutkan akan ditelusuri oleh team lapangan WbTV.

Bagaimana Proses Penayangan Berita Journalis Publik?

Informasi berupa video landscape dari kontributor akan ditayangkan setelah kontributor memberi keterangan dan pihak WbTV juga akan menampilkan kontributor melalui tayangan wawancara baik secara offline maupun online.

Apresiasi

WbTV akan memberi apresiasi kepada kontributor yang mengirimkan video landscapenya setiap bulan dengan jumlah informasi yang ditayangkan setiap bulannya dan management WbTV akan menghubungi anda sebagai kontributor setia WbTV.

Apa saja informasi video landscape Anda yang akan ditayangkan ?

Berbagai informasi penting yang akan anda kirimkan dengan ketentuan:
1. Tidak pernah ditayangkan di media manapun.
2. Video asli yang diambil dengan perangkat lunak apapun seperti Gadget, HP, Handy Cam dll.
3. Informasi apapun yang penting diketahui masyarakat disegala bidang kehidupan khususnya dalam membangun dan memperbaiki bangsa.
4. Video dapat berupa Penegakan hukum, Kecelakaan, Kejadian Seputar Kita, Acara Hiburan, Sosial, Ekonomi, Politik, dll
5. Video dengan durasi maksimal 5 menit yang dapat terdiri dari beberapa potongan video dalam kegiatan, situasi dan suasana yang sama.

6. Berita video terkini merekam kejadian yang minimalm berusia 24 jam. Dan untuk video khusus berusia selambatnya 15 hari.

Kontribusi

Kontribusi total yang anda peroleh dihitung setiap bulannya dengan nilai Rp 10.000,-/informasi video.

Video Khusus

Video Khususa adalah video yang memvisualkan kejadian2 penting dalam ungkap kasus atau video penting lainnya dalam menghentikan kerugian negara)

Video Istimewa akan diberi apresiasi dalam 2 kategori:

1. Class A : Rp 250.000
(180rb Video + 70.000 keterangan lengkap berita)

2. Class B : Rp 500.000
(400rb video + 100rb keterangan lengkap berita)

Sanksi

Video yang diterima redaksi WBtv adalah asli milik pengirim dan atau mempunyai hak untuk mengirimnya, klaim hak cipta atau hukum atas kepemilikan video merupakan tanggung jawab kontributor.

Syarat-syarat

Video landscape yang dikirimkan harus disertai data kontributor a.l: KTP dan identitas lainnya serta no telp/WhatsApp dan rekening Bank.

Privacy

WBtv akan merahasiakan data kontributor jika diperintahkan kepada Management WBtv.

Klaim

Management keuangan WbTV akan menghubungi dan mengirimkan pembayaran melalu nomor rekening Kontributor atau dapat melakukan klaim ke kantor PT. Wajah Batam Indonesia (WBI) setiap tutup buku bulanan ke:

PT.WAJAH BATAM INDONESIA
Alamat : Avava Mall
Telp/WhatsApp :  …

Informasi lanjut dapat menghubungi Management di nomor Telp/WhatsApp @Rina Silfya : 08117711223
@Suharsad : 085356308683

TimWb

12,541 kali dilihat, 297 kali dilihat hari ini

Lanjutkan Membaca

Batam

Pekan Raya & Karnaval Kuda Lumping Sambut 1 Muharam 1441

Diterbitkan

pada

Oleh

WAJAHBATAM.ID | Pekan raya dan karnaval budaya kudalumping ke lll yang diselenggarakan di kelurahan Tanjung Sengkuang dari tanggal 28 Agustus 2019 lalu, ditutup pada malam hari tanggal 3 September 2019.

Pekan raya ini diselenggarakan oleh kelurahan Tanjung Sengkuang dalam rangka menyambut Hari besar Islam 1 Hijriyah 1441. Acara yang ditutup oleh sekda kota Batam Jefridin ini pada pembukaannya diresmikan oleh camat Batu Ampar yang didampingi oleh lurah tanjung Sengkuang Tukijan.

Acara ini juga didukung oleh 3 Sanggar tari kuda lumping yang ada dikota Batam yaitu “bathoro mayang nusantoro”, “Turonggo Seto”, “Sri manunggal bodoyo”, dan “Suryo Joyo Kusumo”.

Panitia penyelenggara pekan raya dan karnaval juga menggelar beberapa acara seperti “pencak silat” dari Perguruan SILAT “SETIA HATI TERATE,” dan TAPAK SUCI.

Kemeriahan pekan raya ditanjung Sengkuang pada malam terakhir dihadiri sekitar 4000 pengunjung yang berasal dari seluruh daerah di kota Batam.

Adanya pekan raya ini terselenggara, membuktikan bahwa Kekayaan seni dan budaya yang ada dikota Batam membuktikan Batam adalah miniatur Indonesia yang layak untuk menjadi daerah tujuan pariwisata mancanegara,

Kontributor:
Edi Kartika

14,364 kali dilihat, 356 kali dilihat hari ini

Lanjutkan Membaca

Batam

Pawai Obor Dalam Peringatan 1 Muharam Perumahan Bunga Raya Batam

Diterbitkan

pada

Oleh

WAJAHBATAM.ID | Menyambut malam Tahun Baru Islam 1441 Hijriah atau 1 Muharam, masyarakat perumahan Bunga Raya Batam Kota turun ke jalan menggelar pawai obor. Suasana kawasan Mesjid Al FALAH terlihat meriah.

Pantauan Wajah Batam, Sabtu (31/8/2019) malam, selepas salat isya atau sekitar pukul 19.30 WIB, masyarakat perumahan Bunga Raya Batam Centre menggelar pawai obor mengitari perumahan yang bertempat dipusat kota batam.

Peserta pawai yang terdiri dari anak-anak dan orang dewasa ini terlihat membawa obor bambu. Selain membawa obor, warga juga membawa ragam atribut spanduk dan baliho dengan Thema “Dengan semangat tahun baru Islam, mari kita tingkatkan kebersamaan. Saling asah asih dan asuh di perumahan bunga raya”

Sambil diiringi bedug, drum band serta alat musik lainnya, peserta pawai obor mengakhiri Pawai Ta’aruf dengan semangat islami juga mengadakan ramah tamah warga bersama ketua BMGQ, Ustadz Asyhar Al Hafidz.

Pawai obor dalam menyambut Tahun Baru Islam ini dimaknai warga Perumahan Bunga Raya sebagai semangat untuk menyongsong masa depan lebih baik.

“Semoga dengan semangat 1 Muharam dapat menjadikan kami makhluk yang sadar dan lebih meningkatkan taqwa kepada Allah. SWT dan mendapat keberhakan Nya “, ungkap Wayan Sopyan Widodo, salah satu warga Perumahan Bunga Raya.

15,372 kali dilihat, 290 kali dilihat hari ini

Lanjutkan Membaca

Trending