Terhubung dengan kami

Batam

Badan Usaha Pelabuhan BP Batam Terapkan Social Distancing dan Penyesuaian Jadwal Layanan Administrasi Terpadu

Diterbitkan

pada

WB – BP53 | Untuk mendukung pencegahan penyebaran COVID-19, Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Batam melakukan penyesuaian jadwal layanan administrasi terpadu. Penyesuaian dini dimulai dari tanggal 23 Maret 2020 dengan diterbitkannya Surat Edaran Nomor 7 Tahun 2020 Tentang Penyesuaian Waktu Pelayanan di Lingkungan Badan Usaha Pelabuhan.

Melalui Surat Edaran ini, Direktur BUP Batam Nelson Idris menyampaikan bahwa Pelayanan Jasa Kepelabuhanan di Kantor Badan Usaha Pelabuhan mengalami penyesuaian jadwal mulai tanggal 23 Maret 2020 s.d. 31 Maret 2020 menjadi pukul 08.00 s.d. 14.30 WIB.

“Meski berlaku penyesuaian jadwal layanan tatap muka, pengguna jasa kepelabuhanan tetap dapat mengakses pelayanan secara online (24 jam) dengan menghubungi helpdesk di nomor WhatsApp +62811-669-666,” kata Nelson.

Selain menyesuaikan jadwal pelayanan, Nelson mengatakan, Badan Usaha Pelabuhan juga menerapkan social distancing atau pembatasan sosial di Pelayanan Administrasi Terpadu. Hal ini diterapkan dengan mengatur jarak antarkursi bagi pengguna jasa kepelabuhanan yang akan mengurus administrasi.

Nelson juga menyampaikan permohonan maaf kepada pengguna jasa kepelabuhanan atas penyesuaian jadwal ini. “Kami memohon maaf kepada pengguna jasa kepelabuhanan atas penyesuaian jadwal dan pengaturan jarak antarkursi di ruang PAT (Pelayanan Administrasi Terpadu). Kami harap aturan ini dapat dipatuhi guna meminimalisir penyebaran COVID-19 di lingkungan Badan Usaha Pelabuhan,” tambahnya.

Sebagai pengelola ruang publik, Badan Usaha Pelabuhan, kata Nelson turut bertanggung jawab memberi rasa aman di tengah mewabahnya Covid-19 bagi para pengguna transportasi laut. Sebelumnya, Nelson telah memerintahkan jajarannya untuk menerapkan social distancing di Pelabuhan penumpang, seperti Terminal Ferry Domestik Telaga Punggur, Terminal Ferry Domestik Sekupang, Terminal Ferry Internasional Sekupang, Terminal Ferry Internasional Batam Centre, Terminal Ferry Internasional Teluk Senimba, Terminal Ferry Internasional Nongsapura dan Terminal Ferry Internasional Harbour Bay.

Adapun beberapa titik di pelabuhan yang diterapkan pembatasan sosial ini antara lain kursi di ruang tunggu keberangkatan yang diberi jarak dua bangku, tanda panduan berdiri di dalam lift, dan jarak antrian di konter tiket maupun saat menunggu lift.

Nelson berharap setiap pengunjung mematuhi aturan ini demi menekan penyebaran Virus Corona di ruang publik.

“Saya harap semua pengguna transportasi laut yang melewati pelabuhan mematuhi aturan yang telah ditetapkan demi kebaikan kita bersama. Jaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan sabun maupun hand sanitizer yang telah kami siapkan di beberapa lokasi di pelabuhan penumpang,” imbuhnya.

Petugas kebersihan di setiap pelabuhan juga telah dikerahkan untuk rutin membersihkan area-area yang rentan menjadi media penularan virus seperti tombol lift, pegangan eskalator, loket konter tiket hingga kursi tunggu. Selain itu, Nelson mengatakan bahwa pelabuhan penumpang juga telah dilakukan penyemprotan desinfektan yang bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan dan Tim Gabungan Polda Kepri, Polresta Barelang dan Polsek Kawasan Pelabuhan Batam. (fpn/cc)

Batam, 24 Maret 2020
Humas Badan Pengusahaan Batam

20,118 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Facebook Comments

Iklan

Klik untuk komentar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Batam

BP Batam Serahkan 24.557 Bantuan Sembako di Kecamatan Sei Beduk

Diterbitkan

pada

Oleh

 

WB-BP159 | Badan Pengusahaan (BP) Batam menyerahkan bantuan paket sembako kepada masyarakat Batam terdampak Covid-19 di Kecamatan Sei Beduk, pada Kamis (13/8/2020) pagi.

Bantuan ini diserahkan oleh Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam, Wahjoe Triwidijo Koentjoro, dan diterima langsung oleh perwakilan masyarakat di empat Kantor Kelurahan di wilayah Kecamatan Sei Beduk, yaitu Kelurahan Duriangkang, Kelurahan Tanjung Piayu, Kelurahan Mangsang, dan Kelurahan Muka Kuning.

Dalam sambutannya, Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam, Wahjoe Triwidijo Koentjoro, mengatakan, pihaknya akan mengawal pelaksanaan pembagian paket sembako tersebut agar berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kami juga berharap, meskipun tidak banyak, namun paket sembako ini diharapkan dapat meringankan beban warga Kecamatan Sei Beduk yang terdampak Covid-19,” kata Wahjoe.

Selain itu, Wahjoe juga meneruskan pesan Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, agar seluruh masyarakat Kecamatan Sei Beduk terus memperhatikan protokol kesehatan setiap beraktivitas di luar rumah, dengan selalu mengenakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun selama sedikitnya 20 detik, dan selalu menjaga jarak.

Adapun isi dari paket sembako tersebut berupa beras 10 kilogram, mi instan 10 bungkus, minyak goreng 2 liter, krimer kental manis 2 kaleng, ikan dalam kaleng 425 gram, teh celup, sirup, dan biskuit.

Turut hadir dalam penyerahan sembako tersebut antara lain, Camat Sei-Beduk, Ghufron, para pejabat tingkat 2 di lingkungan BP Batam, dan tokoh masyarakat setempat. (rud)

Batam, 13 Agustus 2020

Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam

Email: [email protected]
Twitter: @bp_batam
Facebook: BIFZA
Instagram: BPBatam
Website: www.bpbatam.go.id
Youtube: BPBatam

983 kali dilihat, 983 kali dilihat hari ini

Facebook Comments

Lanjutkan Membaca

Batam

Surat Masyarakat Melalui Staff DPRD Batam Tak Pernah Diteruskan ke Kantor Komisi

Diterbitkan

pada

Oleh

WAJAHBATAM.ID – Batam | Di duga Staf Kantor DPRD Kota Batam tidak kooperatif dalam menyambungkan aspirasi masyarakat kepada DPRD dan pimpinanya, ini dibuktikan bahwa dua kali surat pengaduan warga Batu Merah yang diserahkan melalui staf di kantor rakyat itu tidak pernah sampai ke Kantor Komisi DPRD Batam (red)

Masyarakat Kampung Tua Batu Merah yang mendatangi Kantor DPRD mempertanyakan surat masyarakat yang sudah dua kali dialamatkan ke Kantor DPRD Batam melalui staf nya. Hal ini terbongkar saat masyarakat lakukan aksi demo menuntut Walikota Batam memecat Lurah Batu Merah yang diduga menjadi Tuan Takur pada perkampungan liar didaerah mereka juga mendatangi kantor rakyat itu, Rabu (12/8).

Aksi yang dibelokkan ke Kantor DPRD Batam itu membongkar bahwa surat yang dialamatkan ke DPRD Batam tersebut tidak pernah sampai ke meja ketua dan Komisi DPRD Kota Batam, demikian salah satu warga mengatakan pada kru media WB.

Hal ini juga sangat disayangkan oleh Tetuah Ko Tua,  salah satu tokoh masyarakat Batu Merah yang ikut dalam aksi itu “Pantasan sudah dua kali saya mengirimkan surat tidak ada jawaban, ternyata surat yang kami kirimkan tidak di sampaikan oleh Staff, Kantor DPRD ini adalah rumah rakyat bukan tempat Politik, Kalian di pilih oleh rakyat jadi kalian harus ada untuk rakyat, jangan kalian makan uang rakyat ” ujarnya kepada awak media Selasa 12/08

Ketua DPRD Komisi I Kota Batam, Budi Mardianro menyampaikan,
Saya tidak tahu adanya surat itu belum tersampaikan ke saya, sekarang saya suruh staf saya untuk mencarinya, dan besok perwakilan dari masyarakat kp tua akan saya suruh kirimkan surat langsung menemui saya” tuturnya.

*aji

8,481 kali dilihat, 8,455 kali dilihat hari ini

Facebook Comments

Lanjutkan Membaca

Batam

BP Batam Serahkan Bantuan Sembako di Kecamatan Sagulung

Diterbitkan

pada

Oleh

 

WB-BP158 | Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi, didampingi Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam, Wahjoe Triwidijo Koentjoro, menyerahkan bantuan paket sembako secara simbolis untuk masyarakat Kota Batam yang terdampak Covid-19 di wilayah Kecamatan Sagulung, pada Rabu, 12 Agustus 2020.

Sebanyak 48.889 paket nantinya akan didistribusikan kepada 6 kelurahan, yaitu Kelurahan Tembesi, Kelurahan Sungai Binti, Kelurahan Sungai Lekop, Kelurahan Sagulung Kota, Kelurahan Sungai Langkai dan Kelurahan Sungai Pelunggut.

Paket Sembako tersebut berisikan beras 10 kg, mi instan 10 bungkus, minyak goreng 2 liter, krimer kental manis 2 kaleng, ikan dalam kaleng 425 gram, teh celup, sirup, dan biskuit.

Kecamatan Sagulung merupakan lokasi ke-9 dalam pendisitribusian bantuan sembako, dan masih akan ada pendsitribusian di 3 Kecamatan nantinya yaitu Batam Kota, Sei Beduk, dan Batu Aji.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengatakan, bantuan dari BP Batam ini merupakan bentuk kepedulian BP Batam kepada masyarakat akibat adanya pandemi Covid-19. Ia berharap bantuan sembako ini dapat bermanfaat bagi warga terdampak Covid-19 di Kecamatan Sagulung.

“Kita ingin melakukan yang terbaik, untuk itu Badan Pengusahaan Batam hadir di tengah masyarakat untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19. Kita juga berharap ke depan perekonomian dapat pulih kembali dan dapat investasi di Kota Batam akan meningkat, maka dari itu Kota Batam harus aman terkendali,” kata Muhammad Rudi

Perwakilan RT/RW Kecamatan Sagulung, menyampaikan ungkapan rasa sukur dan terima kasihnya kepada BP Batam yang telah memberikan paket sembako pada tahap 4 ini, semoga ke depannya BP Batam dapat terus memperhatikan masyarakat dan investasi di Kota Batam.

Dalam kesempatan tersebut juga, perwakilan RT/RW di Kecamatan Sagulung, meminta kepada BP Batam agar dapat menyediakan lahan untuk dijadikan sarana belajar mengajar bagi masyarakat di sekitar Kecamatan Sagulung terutama Sekolah Menengah Pertama.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengimbau dalam proses pembagiannya agar tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, selalu menggunakan masker, jaga jarak antara satu dan lainnya, rajin mencuci tangan, serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Turut hadir dalam kegiatan, Camat Sagulung, Reza Khadafi, Muspika Kecamatan Sagulung, para Lurah se-Kecamatan Sagulung, pejabat tingkat 2 di lingkungan BP Batam, serta tokoh masyarakat di lingkungan Kecamatan Sagulung. (cc)

Batam, 12 Agustus 2020

Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam
Dendi Gustinandar

Email: [email protected]
Twitter: @bp_batam
Facebook: BIFZA
Instagram: BPBatam
Website: www.bpbatam.go.id
Youtube: BPBatam

6,284 kali dilihat, 3,359 kali dilihat hari ini

Facebook Comments

Lanjutkan Membaca

Perkembangan VIRUS CORONA

Komentar Facebook

Trending