Terhubung dengan kami

Batam

Kurai: Sembako Murah Bukan Untuk Kampanye Terselubung

Diterbitkan

pada

Bukan Untuk Kampanye, Penyaluran Sembako Murah Untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan 2019

WAJAHBATAM.ID – 25/2/2019 | Pembagian sembako murah yang dianggarkan oleh APBD Kota Batam yang rencananya akan dibagikan ke masyarakat kota Batam adalah untuk tujuan agar masyarakat yang kurang mampu dapat menyambut lebaran atau bulan ramadhan pada tahun 2019 ini (Mei-Juni 2019), hal ini disampaikan oleh Ketua Fraksi Pembangunan Erizal, SE dan M. Yunus sebagai Sekretaris Fraksi Demokrat DPRD Kota Batam di ruang Fraksi Pembangunan siang ini Senin, 25/2/2019.

Dalam pertemuan dengan media Wajah Batam, Erizal T, SE mengungkapkan bahwa telah mendengar dan mendapat laporan dari masyarakat bahwa adanya pembagian sembako murah yang diselenggarakan oleh para Lurah atas nama Pemerintah Kota Batam menimbulkan pertanyaan yang sangat besar, disini Erizal T, SE mengakui bahwa ada program pembagian sembako murah untuk masyarakat Batam yang telah disepakati untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu dalam menyambut bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idhul Fitri tahun 2019 ini, tapi sangat disayangkan sekali dengan adanya pengaduan masyarakat pembagian tersebut akan dibagikan pada bulan Maret 2019 (17 April, pra pemilu 2019 tegasnya).

Hal ini dipertegas Erizal.T yang akrab dipanggil Kurai ini bahwa pembagian tersebut melalui tangan para Lurah dan sekaligus mengingatkan para Lurah di Kota Batam agar “jangan main-main dengan hak masyarakat yang berhak menerimanya, karena informasi yang valid diterima bahwa adanya penjualan kupon paket sembako murah seharga 50.000/kupon harus dengan syarat foto copy KTP dan Nomor Handphone pribadi… Ini untuk apa ?” tegas Kurai.

Kurai juga menyampaikan pada WB bahwa anggaran yang mencapai 4 Miliar lebih yang dianggarkan APBD Kota Batam ini harus bisa dipertanggung jawabkan Walikota Batam, dan akan mengajukan pengauditan atas hasil jual beli kupon yang Rp 50.000/kupon tersebut apakah dananya ada dipertanggungjawabkan atau tidak, yaitu apakah dana tersebut diputar kembali untuk menggilir sembako murah untuk masyarakat yang mungkin belum terjangkau, lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Fraksi Demokrat M.Yunus juga angkat bicara, dimana pembagian sembako murah itu ditujukan untuk mensejahterakan masyarakat yang kurang mampu agar dapat menikmati bulan Ramadhan dan hari Raya Idhul Fitri, tapi kenyataan yang ada kenapa harus dibagikan pada bulan Maret, apakah ini ada kaitannya untuk sebuah suksesi dalam pemenangan sebuah partai pengusung (Walikota, red) sehingga tidak memikirkan lagi bagaimana masyarakat dapat menyambut bulan Suci Ramadhan / Aidil Fitri ? (red: setelah pemilu).

M. Yunus juga menambahkan bahwa pembelian sembako telah dibahas di tingkat DPRD Kota Batam dan juga sudah disepakati dalam paripurna bahwa pembagian sembako murah dimaksud akan disalurkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kurang mampu dalam menyambut bulan suci Ramadhan dan Idhul Fitri tahun 2019 ini, dan ini harus disalurkan kepada orang yang berhak dan membutuhkan. Sehingga RT dan RW hendaknya harus bijak dalam menyalurkannya agar pembagian tersebut tepat sasaran kepada yang benar-benar membutuhkan sehingga masyarakat yang kurang mampu benar-benar siap menyambut bulan Suci Ramadhan dan Idhul Fitri, tutup M.Yunus mengakhiri pembicaraan. (Shd)

Commingsoon: Kesaksian Masyarakat atas penyaluran sembako murah oleh Pemko Batam.

5,041 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Facebook Comments

Iklan

1 Komentar

1 Komentar

  1. Eddy kartika

    25 Februari 2019 di 21:15

    Informasi yg saya dengar.yg mau beli sembako murah.apa harus mencantumkan,poto kopi ktp dan kk….

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Batam

BP Batam Kembali Bagikan Masker Gratis untuk Masyarakat Batam di Daerah Batu Aji dan Sagulung

Diterbitkan

pada

Oleh

WB-BP119 • Badan Pengusahaan (BP) Batam membagikan masker gratis kepada masyarakat yang beraktivitas di tempat-tempat keramaian di Kecamatan Batu Aji dan Sagulung Kota Batam, pada Rabu, 3 Juni 2020.

Pembagian masker ini merupakan instruksi dari Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, dalam menghadapi fase pra new normal agar masyarakat Batam dapat membiasakan diri dengan pola hidup baru dan mengikuti aturan pemerintah dalam melakukan protokol kesehatan.

Mulai dari menggunakan masker dalam beraktivitas, mencuci tangan dengan sabun, dan menerapkan social dan physical distancing.

Pembagian masker dilakukan di Kecamatan Batu Aji dan Sagulung dengan lokasi yang menjadi target pembagian masker ialah tempat-tempat keramaian yang banyak kerumunan masyarakat seperti pasar, kedai kopi, dan pusat perbelanjaan serta tempat ibadah.

Pembagian masker langsung ke masyarakat pada Rabu ini dilakukan dengan 2 tim di 2 wilayah, yaitu Kecamatan Batu Aji, meliputi kawasan Pasar Aviari dan Tanjung Uncang, Rumah Ibadah Masjid dan Gereja. Untuk Kecamatan Sagulung meliputi Pasar Fanindo, SP Plaza, Pasar Sei Lekop dan tempat umum lainnya.

Pembagian masker melibatkan para pegawai BP Batam yang bertugas di beberapa unit kerja, antara lain Biro Umum, Bandara Hang Nadim, RSBP Batam, Biro Humas Promosi dan Protokol, Direktorat Pengamanan Aset dan BU Pelabuhan Laut.

Pembagian ini diutamakan kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker, saat pembagian masker dilakukan sebagian masyarakat masih ada yang tidak menggunakan masker saat melakukan kegiatan sehari-hari, hal ini dikhawatirkan akan rentannya masyarakat terpapar covid-19.

Kedepannya diharapkan masyarakat sadar akan pentingnya menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19 dan selalu melakukan protokol kesehatan dalam beraktivitas.

Bona Simatupang, salah seorang warga Sagulung, yang menerima masker menyampaikan terima kasihnya kepada BP Batam.

“Kami para driver ojek mengucapkan terima kasih kepada BP Batam yang telah membagikan masker kepada kami, di mana saat ini kami sangat memerlukan menggunakan masker dalam beraktivitas. Dan terima kasih banyak atas perhatiannya untuk masyarakat Batam, terutama kami yang sering kontak langsung dengan pelanggan dan sering mengunjungi tempat-tempat yang ramai,” kata Bona. (cc)

Batam, 3 Juni 2020

Biro Humas Promosi dan Protokol
Badan Pengusahaan Batam

Email: [email protected]
Twitter: @bp_batam
Facebook: BIFZA
Instagram: Bpbatam
Website: www.bpbatam.go.id
Youtube: BP Batam

2,445 kali dilihat, 2,445 kali dilihat hari ini

Facebook Comments

Lanjutkan Membaca

Batam

Proyek Pemasangan Pipa dari Waduk Tembesi ke Waduk Mukakuning Segera Dimulai

Diterbitkan

pada

Oleh

WB-BP116 – Badan Pengusahaan (BP) Batam segera memulai pelaksanaan pemasangan jaringan pipa (interconnecting) dari Waduk Tembesi ke Waduk Mukakuning.

Terkait dengan proyek ini, Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan (BU Fasling) BP Batam telah melakukan survei dan pengukuran jarak antara Waduk Tembesi dengan Waduk Mukakuning yang akan disambungkan dengan pipa penghubung, yaitu sekitar 4 kilometer.

Proyek pemasangan jaringan pipa bernilai sekitar Rp 45,7 milyar dengan ruang lingkup pekerjaan ini temasuk pengadaan Dan pemasangan pipa, pompa, genset, ponton dan accessories.

Direktur BU Fasling BP Batam, Binsar Tambunan, mengatakan mengingat kebutuhan ketersediaan air yang sangat mendesak, pelaksanaan pemasangan jaringan pipa parallel dengan pekerjaan lainnya, dengan 4 tim, yaitu 1 tim pekerjaan di hulu, 1 tim di hilir, 1 tim pekerjaan intake/ponton dan 1 tim pekerjaan mekanikal elektrikal.

“Proyek penyambungan pipa ini diperkirakan akan memakan waktu pengerjaan selama 4 bulan, namun diharapkan dapat selesai sebelum 4 bulan dengan kontraktor pelaksana pekerjaan PT Indobangun Megatama selaku pemenang lelang,” kata Binsar Tambunan di Kantor BP Batam, Rabu (3/6/2020).

Proyek pemasangan jaringan pipa antarwaduk ini merupakan upaya BP Batam dalam mengantisipasi krisis air baku di Pulau Batam, di mana volume air baku yang akan dipompakan dari waduk estuari Tembesi sebesar 600 liter per detik menuju waduk Mukakuning dan Waduk Duriangkang.

Binsar menambahkan, ke depan ini merupakan bagian sistem ketersediaan air baku SPAM Barelang yang akan dikembangkan dalam konsep Batam Integrated Total Water Management (BITWM).

“Berikutnya sedang kita siapkan rencana pembangunan Instalasi pengolahan air dengan Kapasitas 350 liter per detik yang direncanakan dapat beroperasi tahun depan, sehingga dapat memenuhi kebutuhan air untuk 3 hingga 4 tahun ke depan,” kata Binsar.

Batam, 3 Juni 2020

Biro Humas Promosi dan Protokol
Badan Pengusahaan Batam

Email: [email protected]
Twitter: @bp_batam
Facebook: BIFZA
Instagram: Bpbatam
Website: www.bpbatam.go.id
Youtube: BP Batam

2,482 kali dilihat, 2,482 kali dilihat hari ini

Facebook Comments

Lanjutkan Membaca

Batam

Bright PLN Jelaskan Penyebab Tagihan Listrik Melonjak

Diterbitkan

pada

Oleh

WAJAHBATAM.ID – Batam | right PLN Batam menyatakan bahwa tarif dasar listrik seluruh golongan tarif tidak mengalami kenaikan pada masa pandemi Covid-19. Hal tersebut menanggapi adanya keluhan sejumlah pelanggan yang mengaku pembayaran listriknya lebih mahal dibandingkan biasanya.

“Sekali lagi saya sampaikan tidak ada kenaikan tarif listrik di masa pandemi ini, bahkan sejak tahun 2017 tidak ada kenaikan,” ujar General Manager Unit Business Services (GM UBS) bright PLN Batam, Fransis Al Zauhari, pada Rabu, 03 Juni 2020.

Menurut Fransis kenaikan tagihan listrik yang dialami sejumlah pelanggan selama masa pandemi Covid-19 disebabkan beberapa hal. Salah satunya karena tidak adanya pengecekan meteran pemakaian listrik ke rumah-rumah oleh pertugas bright PLN Batam akibat Covid-19 beberapa bulan sebelumnya. Penyebab lainnya, ada perubahan perilaku pelanggan yang lebih banyak di rumah selama masa Pandemi ditambah umat muslim menjalankan ramadhan serta Hari Raya Idul Fitri mayoritas di rumah saja, tidak melaksanakan tradisi pulang kampung.

Fransis menambahkan bright PLN Batam tidak bisa menaikkan tarif listrik semena-mena, apalagi dalam situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini. “Tidak semata-mata PLN Batam bisa menaikkan tarif listrik semena-mena setiap saat, apalagi saat kondisi seperti ini, sangat tidak relevan,” tutup Fransis.

Seperti yang diketahui, untuk membantu memutus rantai penyebaran Covid-19 bright PLN Batam tidak melakukan pembacaan stand kWh meter pelanggan pada akhir bulan Maret dan akhir bulan April, sebagai gantinya pelanggan menyampaikan foto stand kWh meter secara mandiri ke PLN Batam. Apabila pelanggan tidak menyampaikan stand pembacaan kWh secara mandiri maka bright PLN Batam akan menghitung berdasarkan pemakaian rata – rata tiga bulan sebelumnya, dimana saat itu kondisi masih normal (sebelum ada pandemi).

Berdasarkan data dari Manbill (manajemen billing) bright PLN Batam, rata – rata pemakaian listrik pelanggan yang tidak mengirimkan foto stand kWh meter pada bulan Maret dan April adalah data pemakaian listrik sebelum kondisi Covid-19 merebak, sehingga pemakaian listrik pada saat itu kemungkinan masih rendah. Sesuai saran dari Ombudsman dan Komisi 3 DPRD Kepri, pada tanggal 27 sampai dengan 31 Mei 2020 kembali dilakukan pembacaan secara manual ke rumah-rumah pelanggan oleh petugas bright PLN Batam. Setelah dilakukan pengecekan secara langsung oleh petugas catat meter, pemakain listrik pelanggan yang tidak mengirimkan foto stand kWh meter pada bulan Maret dan April tersebut tidak sesuai dengan realisasi sesungguhnya.

Pelanggan dapat membandingkan angka stand meter yang ada pada info rekening listrik (https://www.plnbatam.com/info-tagihan/) dengan angka stand meter saat ini di rumah pelanggan. Apabila angka stand meter yang ada di rumah pelanggan lebih besar dari angka di info rekening listrik, maka tagihan listrik tersebut dapat diyakini sudah benar. Namun bila angka pada stand kWh meter di rumah saat ini masih lebih kecil dari angka pemakaian di info rekening listrik, maka dapat dilakukan dikoreksi sesuai angka stand kWh meter saat ini. Untuk melakukan koreksi rekening pelanggan dapat menghubung Contact Center 123 (0778 123). Kemudian bright PLN Batam juga menyediakan saluran tambahan untuk menanggapi keluhan atau komplain pelanggan melalui nomor-nomor di bawah ini :

• Area Pelayanan Batam Centre 085264140077
• Area Pelayanan Nagoya 082170049509
• Area Pelayanan Batu Aji 089609845534
• Area Pelayanan Tiban 085284000611

Manajemen bright PLN Batam mohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan bright PLN Batam tetap berkomitmen untuk selalu memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat Pulau Batam. Semoga pandemi Covid-19 segera berakhir. (bright)

34,016 kali dilihat, 33,991 kali dilihat hari ini

Facebook Comments

Lanjutkan Membaca

Perkembangan VIRUS CORONA

Komentar Facebook

Trending