Terhubung dengan kami

Berita

Geliat Perekonomian Batam Masih Lesu

Diterbitkan

pada

WAJAHBATAM.IDBatam, Berbicara mengenai perekonomian, khususnya kota Batam, salah seorang warga yang juga mantan pekerja pabrik yg sekarang mulai merintis usahanya hanya tersenyum pahit.Pak Edo (bukan nama sebenarnya) salah seorang warga pasar Megalegenda mengatakan , disini (kawasan megalegenda) adalah salah satu pusat keramaian , ada pasar, perkantoran, bengkel dan juga salah satu pusat kuliner di batam bisa di bilang seperti kuburan katanya sembari tersenyum.

Pusat Kuliner Kawasan Mega Legenda Batam

Pusat Kuliner Kawasan Mega Legenda Batam | Wajah Batam


Terbukti memang , setelah melakukan survey team WB menemukan ada beberapa ruko dan kios mau di jual , dan silih bergantinya pedagang kuliner, ada yg tutup dan ada juga yg baru memulai, dan rata2 yg tutup usahanya tidak lebih dari setahun bertahan , ini dikarenakan menurunya daya beli masyarakat.
Salah seorang pemilik kafe Ibu Ratna mengatakan , memang ada orang yg datang tapi rata2 hanya pesan kopi katanya, kadang malam minggu agak rame itupun dari jam 6 sampai jam 8 malam , hari hari biasa sangat sepi dan lama lama tidak bisa menutupi biaya operasional sambung nya.
Fenomena ini bukan hanya di kawasan mega legenda tetapi hampir di setiap pelosok batam, ditambah lagi setelah team WB memantau di beberapa group media sosial dimana bersliweran iklan rumah yg di jual beserta isi nya, ini menandakan banyak nya masyarakat yg sudah tidak mampu untuk bertahan di pulau kalajengking ini.
Disamping itu krew WB melihat maraknya pembangunan gedung2 bertingkat seperti hotel dan apartemen terutama di daerah Pelita , Batuampar , dan beberpa daerah lainya, sementara dunia perindustrian dan prekonomian sangat lesu, penggangguran meningkat.
Ini masih menjadi tanda tanya, apa sebenarnya program para elit batam? semoga saja para elit batam bisa memberikan solusi terbaik dari apa yg sekarang terjadi dan perekonomian Batam bisa kembali membaik. (WB09/IYs)

1,479 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Facebook Comments

Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita

Tahukah Anda Apa Itu IPAL ?

Diterbitkan

pada

Oleh

Batam, 9/12/2019 | BP Batam mempunyai target pembangunan Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) atau waste water treatment plant (WWTP) tahap I yang pembangunannya diwilayah Bengkong saat ini sudah mencapai 76,4 persen selesai pada tahun 2020 mendatang.

Kepala Bidang Pengelolaan Limbah, BP Batam, Iyus Rusmana mengatakan sebagai kota industri dan daerah tujuan pariwisata, isu lingkungan menjadi persoalan yang sangat penting untuk diperhatikan. Karena itu Batam terus berupaya menciptakan lingkungan yang sehat, salah satunya dengan membangun IPAL tersebut,

 

“Proyek ini dikerjakan oleh Hansol EME dan konsultannya Sunjin, keduanya dari Korea Selatan,” demikian Iyus sebagaimana dilansir dalam Kata Batam.

IPAL Bengkong Sadai dibangun di atas lahan sekitar 7 hektare. Proyek ini dibiayai dari dana dukungan Pemerintah Korea Selatan melalui pinjaman lunak (soft loan) Economic Development Coorperation Fund (EDCF) sebesar USD43 juta.

Lebih lanjut Iyus mengungkapkan manfaat IPAL sangat banyak di antaranya menjaga kualitas dan kuantitas air waduk, menjaga kualitas perairan agar tetap bersih, menjaga saluran drainase/parit, sungai, pantai dari pencemaran limbah domestik, estetika lingkungan terjaga bersih, hijau dan asri.

IPAL juga dapat menghasilkan pupuk berkualitas yang bisa digunakan untuk penghijauan hutan kota, taman kota, dan taman-taman lingkungan disamping juga bermanfaat dalam peningkatan kesehatan masyarakat karena dengan IPAL lingkungan bersih dari bibit-bibit penyakit dan kotoran.

“Lingkungan yang bersih serta kualitas air yang terjaga akan bermanfaat dalam meningkatkan investasi serta wisatawan ke Batam,” Demikian Iyus

(TimWb)

17,454 kali dilihat, 18 kali dilihat hari ini

Facebook Comments

Lanjutkan Membaca

Batam

Polling PILWAKO

Diterbitkan

pada

Oleh

Andai Hari Ini Pilwako Batam, Siapakah Pilihan Anda ?

54,048 kali dilihat, 23 kali dilihat hari ini

Facebook Comments

Lanjutkan Membaca

Berita

BP Batam & ATB Wajib Perlakukan Air Sebagai Hak Manusia

Diterbitkan

pada

Oleh

WAJAHBATAM.ID – 30/3/2019 | “Air adalah kebutuhan fital dari kehidupan makhluk hidup didunia ini, dan anugerah yang sangat besar dari Allah. SWT itu tidak boleh dimanipulasi oleh makluk manapun termasuk manusia-manusia yang memperjualbelikannya atas nama hukum yang dapat memusnahkan hidup sekelompok manusia belum beruntung” (Rina Silfya, S.Pd)

Seperti halnya pada sebuah rilis yang dikonfirmasi dari Uba Inga Sigalingging sebagai berikut:

Pesan untuk BP Batam dan PT. ATB.

Ada begitu banyak warga miskin kota di Batam yang tidak dan belum mendapatkan Hak atas air (bersih). Namun BP Batam dan PT ATB tidak peduli sama sekali.

Ada dua hal yang diabaikan BP Batam dan PT ATB, Pertama; meniadakan Hak atas air (bersih) bagi warga miskin kota dan kedua; melakukan diskriminasi terhadap rakyat miskin di Batam.

Mudah-mudahan melalui Hari Air Sedunia, BP Batam dan PT ATB memiliki kepedulian akan Hak atas air (bersih) warga miskin di Batam. (Uba Inga Sigalingging)

12,311 kali dilihat, 12 kali dilihat hari ini

Facebook Comments

Lanjutkan Membaca

Pasang Iklan Disini

Iklan

Komentar Facebook

Trending