Terhubung dengan kami

Nasional

Insiden Novanto, Toyota Bongkar Fitur Keselamatan Fortuner

Diterbitkan

pada

WAJAHBATAM.ID – Mobil di segmen Sport Utility Vehicle atau SUV milik pabrik asal Jepang Toyota yaitu Fortuner sedang ramai diperbincangkan publik. Namun kali ini bukan karena model baru, akan tetapi karena insiden yang menimpa Ketua DPR Setya Novanto.
Mobil Toyota

Mobil Toyota | Wajah Batam


Pada Kamis 16 November 2017 lalu, Novanto mengalami kecelakaan. Mobil Fortuner yang ditumpanginya menabrakan lampu penerangan jalan di Kawasan Permata Hijau Jakarta Selatan. Anggapan miring terhadap mobil Fortuner juga datang lewat kuasa hukumnya, Fredrich Yunandi.
Repair Service Manager Workshop Department Technical Service Division PT Toyota Astra Motor, Iwan Abdurrahman pun angkat bicara mengenai fitur keselamatan yang ada pada Toyota Fortuner.
Dia mengatakan Toyota memiliki setidaknya dua fitur keselamatan, aktif dan pasif. Keselamatan aktif adalah fitur yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan.
“Fitur keselamatan jenis ini juga membutuhkan keaktifan pengemudi untuk membuat fitur ini dapat bekerja. Contoh fitur keselamatan yang termasuk kategori ini ialah Anti Lock Braking System,” kata Iwan kepada VIVA di Jakarta, Minggu 19 November 2017.
Sementara fitur keselamatan pasif berfungsi untuk mengurangi potensi terluka pada penumpang akibat benturan yang terjadi saat kecelakaan. Fitur ini akan bekerja sendiri saat memang diperlukan. Dia mencontohkan, bila airbag bagian depan akan mengembang jika terjadi tabrakan pada kondisi tertentu.
“Serta seatbelt yang berfungsi menahan gerakan badan penumpang saat terjadi tabrakan. Selain itu, termasuk juga struktur body kendaraan yang dirancang secara khusus untuk menyerap energi benturan agar bagian kabin bisa lebih terlindungi. Semua fitur tersebut terdapat pada Fortuner, termasuk Fortuner yang produksi tahun 2012,” ujarnya.
Iwan menjelaskan mobil Toyota dirancang dengan konstruksi body yang mampu menyerap benturan dari depan atau yang disebut crumple zone yang fungsinya untuk meminimalisasi risiko cedera pada pengemudi dan penumpang.
“Pada dasarnya produk Toyota sudah didesain untuk dilindungi dari berbagai arah. Crumple zone terutama terletak di bagian depan yang berfungsi untuk menyerap energi benturan dengan tujuan mengamankan area penumpang atau kabin,” tuturnya.
Sementara untuk area samping dan belakang juga memiliki struktur serupa yang disebut energy absorbing mechanism. Karena perbedaan lokasi dan juga desain, maka fungsinya juga turut berbeda.
“Misalnya saja seperti penyerapan dari arah samping tidak akan sebanyak yang berasal dari arah depan. Hal ini karena area pintu tidak mungkin dibuat sekompleks ruang mesin, karena terkait dengan lebar pintu,” kata dia. (WB09/Sampono)
 

935 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Facebook Comments

Iklan

Klik untuk komentar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Batam

Pembangunan Proyek Excamp Kampung Vietnam 80% Rampung

Diterbitkan

pada

Oleh

WAJAHBATAM.ID – 21/03/20202 |
Pembangunan proyek rumah sakit dan penampungan yang dicanangkan Pemerintah Pusat beberapa waktu lalu diperkirakan telah rampung pada 28 Maret 2020.

Saat tim WB berkunjung ke lokasi ada dua kontraktor yang mengerjakan Rumah sakit di kampung Vietnam tersebut,

Dari masing masing kontraktor mempunyai masing masing tugas, seperti PT.WHIKHA mengerjakan renovasi Rumah Sakit yang lama dan PT.WASKITA mengerjakan pembangunan rumah sakit yang baru.

Ketika tim WB mewawancarai  salah satu kontraktor bernama Salim mengatakan “Target kita yaitu pada akhir bulan Maret ini, tapi kita upayah tanggal dua puluh tujuh Uda rampung, karea pekerjaan ini sudah selesai hampir delapan puluh limah persen“, ujarnya

Salim juga mengatakan bahwa sejak awal pengerjaan proyek mereka bekerja dari  pukul 07.00 hingga 22.00 WIB. hingga saat ini pekerjaan hanya tinggal pemasangan pintu-pintu dan jendela saja.

Dalam pengerjaan proyek ini hingga saat berita ini diterbitkan pihak kontraktor mengatakan telah menyelesaikan sekitar 80% pekerjaan yang dikerjakan oleh 700 pekerja dari dua kontraktor tersebut. (timWB)

14,393 kali dilihat, 117 kali dilihat hari ini

Facebook Comments

Lanjutkan Membaca

Batam

Virus Corona Masuk Indonesia, Ini Cara Agar Masyarakat Tak Tertular

Diterbitkan

pada

Oleh

WAJAHBATAM.ID – 2/3/20 | Pemerintah sudah memastikan dua warga negara Indonesia positif terjangkit virus corona dan sekaligus menjadi kasus pertama setelah selama ini dinyatakan zero corona.

Dua WNI yang terjangkit corona yang tinggal di Depok itu adalah seorang ibu yang berusia 64 tahun dan anak perempuannya yang berusia 31 tahun. Hal ini dinyatakan langsung oleh Presiden RI Jokowi (2/3)

Dengan kenyataan ini, masyarakat Indonesia mulai khawatir dan mulai mempersiapkan diri untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk (Red)

 

Masyarakat tidak perlu merasa resah. Mengutip Merdeka.com (2/3), beberapa cara yang harus dilakukan adalah:

Gunakan Sarung Tangan

Menurut Foreign Policy, masyarakat perlu menggunakan sarung tangan saat bepergian. Sarung tangan seperti sarung tangan untuk cuaca dingin atau sarung tangan khusus untuk luar ruangan. Tetap kenakan meski berada di dalam kereta, bus, atau tempat umum lainnya.

Jangan Sentuh Mata atau Wajah

Jika Anda berada dalam situasi yang mengharuskan melepas sarung tangan, misal saat akan berjabat tangan atau makan, jangan sentuh mata atau wajah Anda, betapa pun gatalnya. Tetap jaga agar tangan Anda tidak menyentuh wajah Anda. Sebelum mengenakan kembali sarung tangan Anda, cucilah dulu tangan Anda dengan sabun atau air hangat, cuci bersih sampai ke sela-sela jari lalu kenakan kembali sarung tangan Anda.

Ganti sarung tangan setiap hari, cuci bersih, hindari memakai sarung tangan basah.

Penggunaan Masker

Memakai masker di luar ruangan tidak ada gunanya dan tidak terlalu menolong juga di dalam ruangan. Kebanyakan masker sudah tidak berguna lagi jika sudah dipakai satu atau dua kali. Memakai masker yang sama setiap hari lebih buruk ketimbang tidak berguna–itu menjijikkan karena mulut dan hidup Anda terbekap di dalam masker dan bau yang ditimbulkan bisa mengundang bakteri.

Hindari Kerumunan

Jika terjadi wabah, sebisa mungkin hindari kerumunan dan jaga jarak dengan orang lain sekitar 1,5 meter. Jika orang itu bersin atau batuk, minta mereka pakai masker untuk melindungi Anda. Jika mereka menolak, maka jauhilah atau pergi saja. Jangan berjabat tangan atau memeluk orang lain, tolaklah dengan sopan demi kebaikan Anda berdua di saat terjadi wabah.

Ganti Handuk

Di dalam rumah, ganti semua handuk Anda di kamar mandi atau dapur segera. Ganti dengan handuk bersih yang sudah diberi nama masing-masing keluarga. Perintahkan anggota keluarga hanya memakai handuk mereka saja, jangan sentuh handuk orang lain. Cuci handuk dua kali sepekan. handuk yang basah bisa menjadi sarang virus.

Virus Bisa Saja di Gagang Pintu

Hati-hati dengan gagang pintu. Jika memungkinkan untuk membuka atau menutup pintu dengan siku atau bahu Anda maka lakukan saja. Pakai sarung tangan untuk memutar gagang pintu atau cuci tangan setelah menyentuh gagang pintu. Jika ada orang sakit di rumah Anda, cuci gagang pintu secara berkala. Hati-hati juga dengan pegangan tangga, ponsel, mainan, papan ketik, komputer jinjing dan objek-objek yang harus dipegang atau disentuh. Jika Anda sampai harus memegang itu semua maka jangan sentuh wajah setelahnya dan cuci tangan segera setelah menyentuh objek-objek itu.

Tidak Berbagi Sendok Hingga Gelas dengan Orang Lain

Jika Anda harus berbagi makanan, jangan pakai sumpit, sendok, garpu Anda sendiri untuk mengambil makanan dari mangkuk atau piring bersama. Beri tahu anak Anda untuk jangan minum dari gelas orang lain atau wadah yang berbagi dengan orang lain. Gunakan sumpit, sendok atau garpu Anda sendiri untuk mengambil makanan dari piring atau mangkuk sendiri.

Buka Jendela untuk Sirkulasi Udara

Jika cuaca mendukung, bukalah jendela rumah atau tempat kerja Anda, biarkan udara bersirkulasi. Virus tidak bisa bertahan di ruangan yang sirkulasi udaranya lancar. Tapi jika cuaca dingin atau buruk, tutuplah jendela dan jaga agar ruangan tetap hangat.

Anjurkan Cuci Tangan Pada Anak

Meski virus corona tak terlalu banyak menyerang anak-anak, ada baiknya diberikan vaksinasi dan biasakan cuci tangan. Anak-anak juga dianjurkan agar menjauh dari orang-orang yang batuk atau bersin dan terkena flu.

Para ahli merekomendasikan agar diberikan vaksin flu pada anak. Memvaksinasi anak-anak adalah perlindungan terbaik.

Bersihkan Rumah dan peralatan Elektronik

Sediakan obat-obatan, karena masker tak ada gunanya. Para ahli menyarankan agar menyediakan obat untuk pencegahan. Kemudian alkohol, karena alkohol adalah desinfektan yang baik untuk virus corona. Kemudian pastikan lantai rumah Anda bersih.

CDC juga merekomendasikan untuk membersihkan sejumlah barang elektronik, seperti ponsel dan tablet.

Sumber/Foto: Merdeka.com

13,639 kali dilihat, 35 kali dilihat hari ini

Facebook Comments

Lanjutkan Membaca

Batam

BP Batam Hadiri RDP Bersama Komisi VI DPR RI

Diterbitkan

pada

Oleh

Jakarta – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat RI pada Rabu (26/2) sore, di Gedung Nusantara I DPR RI, Jakarta Pusat.

Pertemuan ini membahas Evaluasi Pelaksanaan APBN BP Batam Tahun Anggaran 2019 dan Roadmap BP Batam Tahun Anggaran 2020 S/d 2024.

Turut hadir, Wakil Kepala BP Batam Purwiyanto, Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam Wahjoe Triwidijo, Anggota Bidang Kebijakan Strategis BP Batam Enoh Suharto Pranoto, beserta jajarannya.

Rapat ini dibuka langsung oleh Wakil Ketua/F-PGolkar GDE Sumarjaya Linggih didampingi Wakil Ketua/F-PNasdem Martin Manurung, dan dihadiri oleh para anggota Komisi VI DPR RI.

Wakil Kepala BP Batam, Purwiyanto dalam kesempatan pertama menjelaskan realisasi penyerapan anggaran BP Batam Tahun 2018 S/d 2019 yang mengalami peningkatan kepada para anggota Komisi VI DPR RI.

“Untuk Tahun Anggaran 2019 realisasi belanja Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) BP Batam sampai dengan tanggal 31 Desember 2019 adalah sebesar Rp1.565 miliar atau 75,83 persen dari alokasi awal yakni Rp 2.064 miliar. Realisasi tersebut lebih tinggi 14,35 persen dari realisasi tahun 2018, yakni 66,90 persen,” ujar Purwiyanto wakil ketua BP BATAM.

Sedangkan menurut data dari Online Single Submission (OSS), tercatat sebanyak 83 perusahaan dengan total investasi US$ 229,3 juta, yang menyerap lebih dari 7.600 tenaga kerja untuk Investasi Baru Tahun 2019.

Adapun penyebab kurang maksimalnya daya serap anggaran pada Tahun Anggaran 2019 dikatakan Purwiyanto didasari oleh beberapa hal, yakni adanya penghematan belanja pegawai BP Batam dan beberapa anggaran di antaranya merupakan anggaran proyek infrastruktur seperti Pelabuhan Laut, Bandara Internasional Hang Nadim, serta pengembangan Sewerage System.

Oleh karena itu, Purwiyanto mengatakan, Kepala BP Batam beserta para Deputi telah menyusun roadmap 2020-2024 BP Batam sebagai langkah strategis guna memaksimalkan daya serap anggaran BP Batam. Adapun roadmap tersebut berlandaskan agenda kelima Presiden dan Wakil Presiden RI, yaitu Transformasi Ekonomi yang berfokus kepada upaya transformasi dari sumber daya alam menjadi daya saing manufaktur dan jasa modern.

“Fokus pengembangan kami terdapat pada empat sektor strategis. Pertama, industri manufaktur yang memiliki nilai tambah tinggi, seperti industri smartphone dan kedirgantaraan. Kedua, industri jasa seperti Maintenance Repair Overhaul (MRO) pesawat dan kapal, serta shipyard. Ketiga, pengembangan logistik, seperti e-commerce dan transshipment. Dan yang terakhir, industri pariwisata,” terang Purwiyanto.

Sumber/foto : badan pengusaha Batam ( BP Batam )

Selama RDP berlangsung, BP Batam tak luput dari masukan yang disampaikan para Anggota Komisi VI DPR RI, baik mengenai pengelolaan lahan di Batam, realisasi target investasi, hingga optimalisasi aset.

Menanggapi hal tersebut, Kepala BP Batam Muhammad Rudi, mengatakan BP Batam telah melakukan langkah-langkah strategis, dua di antaranya adalah pelaksanaan Sosialisasi Peraturan Kepala (Perka) Tentang Penyelenggaraan Pengelolaan Lahan, serta akan berkoordinasi dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengenai optimalisasi implementasi OSS di Batam.

“Baru saja kemarin (Rabu, 26/02) kami melakukan sosialiasi Perka BP Batam Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Pengelolaan Lahan, yang memuat proses untuk mendapatkan lahan dan membayar Uang Wajib Tahunan (UWT) yang baru,” kata Rudi ( sebagai kepala BP BATAM )

Ia melanjutkan, sebelum Perka BP Batam ini terbit, ada empat belas dokumen yang harus dilengkapi oleh Pemohon untuk mendapatkan lahan di Batam. Namun kini, pesyaratan tersebut telah disederhanakan dan dipermudah. Selain itu, proses dokumen dapat dilakukan secara mobile, sehingga Pemohon dapat melacak dokumen melalui perangkat telepon genggam.

“Kami juga telah berkoordinasi dengan BKPM untuk melaksanakan Memorandum of Understanding (MoU) untuk proses OSS agar bisa terhubung langsung dengan BP Batam, dan mudah-mudahan dapat terlaksana untuk mempermudah proses investasi di Batam,” tambahnya.

BP Batam juga telah melakukan lelang Bandara Hang Nadim, yang saat ini sebanyak tujuh perusahaan telah lolos Prakualifikasi Lelang. Rudi juga mengungkapkan, pada Bulan Mei mendatang pemenang tender sudah bisa diumumkan untuk pelaksanaan pembangunan Bandara Internasional Hang Nadim. Selain itu, Pelabuhan Bongkar Muat Batu Ampar juga diproyeksikan Bulan Maret mendatang akan memulai proses revitalisasi, sebagai hasil kesepakatan antara BP Batam dengan Konsorsium PT Pelindo II bersama PT Pelindo I dan PT Persero.

“Kami berharap kritik dan masukan yang telah disampaikan dapat menjadi pedoman kami untuk membangun Batam menjadi kota tujuan investasi kita bersama,” tutup Rudi. (rud)

Jakarta, 26 Februari 2020

WAJAHBATAM.ID | 27/02/20-BP Batam Hadiri RDP Bersama Komisi VI DPR RI

13,750 kali dilihat, 48 kali dilihat hari ini

Facebook Comments

Lanjutkan Membaca

Komentar Facebook

Trending